TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Siap-siap, Bakal Hadir Mobil F1 versi Jalan Raya

Banyak teknologi mobil F1 yang akan ditanamkan.
Siap-siap, Bakal Hadir Mobil F1 versi Jalan Raya
sketsa Hypercar dari Mercedes-AMG (paultan)

VIVA.co.id – Mercedes-AMG membuat kejutan pada ajang Paris Motor Show 2016. Mereka mengumumkan akan memproduksi mobil super kencang, atau hypercar dengan banyak teknologi mobil Formula 1 yang disematkan.

Seperti dilansir CarAdvice, Jumat 7 Oktober 2016, mobil jalan raya yang akan dikembangkan Mercedes-AMG ini akan dijejali dengan teknologi balapan F1, seperti kinetic energy recovery system (KERS) dan sistem penggerak listrik.

Dengan paket F1 W07 yang digunakan tim balapan Mercedes dengan dibalut mesin turbo V6 1,6 liter ini, mobil ini akan dibatasi untuk menyentuh angka 15.000 rpm. Namun, kemungkinan besar akan sedikit dikurangi.

"Kami telah mampu meningkatkan mesin F1 hingga 15.000 rpm, tetapi mungkin kami akan sedikit mengurangi, karena ini untuk jalan raya," kata AMG boss Tobias Moers.

Sedangkan untuk output dayanya, Mercedes-AMG sepertinya juga akan membatasi hingga 1.000 tenaga kuda. Namun, dengan tenaga itu, mobil ini tentu sudah cukup untuk melawan hypercar buatan Aston Martin dan Red Bull Racing.

Menurut Moers, pihaknya kini tengah mempertimbangkan beberapa perubahan yang tentu disesuaikan dengan kebijakan dan kondisi, termasuk syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dapat mengaspal di jalan raya.

Yang jelas, Moers berani memastikan bahwa mobil super kencang ini akan menjadi mobil hybrid paling irit. Sebab, selain akan menggunakan bahan serat karbon, mobil ini juga akan punya desain aerodinamis.

Meski untuk total produksi belum dibeberkan, namun Moers berani memastikan mobil ini tak akan diproduksi melebihi dari 300 unit. Begitu juga dengan kapan mobil ini akan diluncurkan, Moers masih enggan membeberkan. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP