TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ini Mobil Terbang Pertama yang Kantongi Izin Jalan

Mobil ini buatan perusahaan Belanda.
Ini Mobil Terbang Pertama yang Kantongi Izin Jalan
Mobil terbang pertama (autocar)

VIVA.co.id – Industri otomotif memang terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia. Semakin macetnya jalan karena populasi kendaraan juga coba diatasi dengan kendaraan alternatif yang dapat menjadi solusi. Salah satunya dengan konsep mobil terbang.

Beberapa produsen otomotif saat ini juga telah mulai mengembangkan mobil terbang meski baru sebatas konsep. Dan yang terbaru adalah perusahaan asal Belanda, PAL-V yang mengklaim telah menciptakan mobil terbang pertama di dunia.

Dilansir Autocar, mobil terbang yang disebut PAL-V Liberty ini diklaim mampu dikendarai di jalan darat dan udara. Dan yang terpenting, mobil terbang ini telah mengantongi izin aturan hukum penerbangan.

Secara desain, PAL-V Liberty ini memiliki desain layaknya helikopter yang dilengkapi baling-baling panjang di bagian atas. Sedangkan baling-baling lebih kecil berada belakang sebagai pendorong.

Namun jika sedang berada di darat, baling-baling ini bisa dilipat. Berdasarkan data dari hasil tes uji coba, PAL-V Liberty mampu lepas landas saat kecepatan 50 mil/jam atau 80 km/jam.

Rencananya, untuk produksi tahap awal PAL-V Liberty akan dibuat hanya sebanyak 90 unit dan dipasarkan di kawasan Eropa. Saat ini, mobil terbang tersebut rupanya telah mampu menarik perhatian, termasuk dari pihak kepolisian.

Soal harga PAL-V Liberty disebut dibanderol cukup mahal yakni 500 ribu Euro atau Rp7,3 miliar.

Menurut Head of Marketing and Sales  PAL-V, Markus Hess, hingga saat ini banyak konsumen yang mulai menanyakan produknya tersebut, bahkan tak sedikit yang berminat untuk memboyong mobil terbang yang mulai dipasarkan 2018 mendatang.

Sementara menurut Robert Dingemanse, CEO PAL-V, mobil yang telah dikembangkan selama lebih dari empat tahun itu kini sudah menjalani berbagai pemeriksaan dan layak terbang.

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP