TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kenapa Servis Berkala Mesti 10.000 Km

Jika ingin mobil nyaman, Anda harus lakukan ini.
Kenapa Servis Berkala Mesti 10.000 Km
Toyota Avanza (Dok. TAM)

VIVA.co.id – Toyota Avanza dan Veloz menjadi mobil paling laris di Indonesia, dalam satu dekade terakhir. Tak heran, mobil ini mudah sekali ditemukan di jalanan.

Banyak alasan mengapa mobil ini diterima masyarakat. Salah satunya perawatan yang mudah.

Namun, Anda harus tahu, semudah apapun perawatan, Anda juga harus berperan aktif membawa mobil itu ke bengkel resmi. Tentu saja, ini semua agar tak menyusahkan Anda di kemudian hari.

Dalam buku panduan, Anda diwajibkan servis berkala tiap 10 ribu kilometer. Pasti ada alasan mengapa harus 10 ribu.

Kepala Bengkel Plaza Toyota Parman Suanda mengatakan, dalam 10 ribu km itu ada pengecekan agar mobil tetap sehat.

“Bengkel resmi itu biasanya mengecek parts sesuai aturan yang terdapat di buku manual, yaitu per 10 km, atau enam bulan sekali,” kata Parman kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Hitungan 10 ribu km, atau enam bulan mana yang lebih dulu tercapai itu, katanya, mempertimbangkan pada kemampuan parts itu sendiri. “Bukan berarti, parts itu tidak kuat, hanya saya perlu dicek. Sebagian memang ada parts yang masanya 10 ribu kilometer, seperti oli,” ujarnya.

Karenanya, Parman menyarankan, penggantian suku cadang jangan berpatokan pada usia waktu, tetapi berdasarkan kilometer jarak tempuh.

Parman mencontohkan, pelat kopling. Masa aktif suku cadang ini 70-80 ribu, bukan setahun dua tahun. Begitu juga shockbreaker, masa aktifnya 100 km.

“Bisa saja lebih cepat ganti, karena rata-rata beban yang lebih berat dan medan yang dilalui tidak bagus,” katanya.

Adapun yang perlu diperhatikan jika mobil Anda masuk bengkel, beberapa bagian yang harus dilakukan servis, atau tune up antara lain, rem, air karburator, air aki, oli mesin, oli transmisi, oli rem, pedal gas, baut bodi, dan beberapa bagian lainnya.

Tentu saja, ini tak harus Anda yang mengecek. Semua sudah ditangani montir dengan baik. Itu jika dilakukan di bengkel resmi.

Toyota Avanza

Sedangkan untuk suhu kabin, atau AC, biasanya dilakukan pengecekan berdasarkan permintaan konsumen. Tetapi, jika dilihat dari usia, servis besar AC diperlukan setiap 30 ribu km.

“Karena, AC rumah yang tak bergerak saja harus dibersihkan tiga bulan sekali. Tentu saja, untuk mobil yang kerap dibawa keluar penuh debu disarankan harus lebih rutin dibersihkan,” katanya.

Jadi, kenapa servis rutin Avanza dan Veloz dilakukan tiap 10 ribu km itu untuk pengecekan dan pembersihan. Memang ada beberapa parts yang perlu diganti, tetapi sifatnya tidak setiap 10 ribu. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP