TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kunci Mobil Anda Hilang? Lakukan Langkah Ini

Memecahkan kaca mobil tidak membuat garansi gugur.
Kunci Mobil Anda Hilang? Lakukan Langkah Ini
Ilustrasi kunci mobil (Toyota Astra)

VIVA.co.id – Kemalangan memang tak bisa dihindari. Termasuk, saat Anda harus kehilangan kunci mobil. Parahnya lagi, jika Anda kehilangan kunci mobil saat Anda tidak berada di rumah. Nah, berikut ini beberapa langkah yang disarankan bagi Anda yang kehilangan kunci mobil.

Kepala Mekanik Diler Daihatsu Otista, Subur Triyanto memberikan tips untuk menghadapi masalah kehilangan kunci mobil. Menurut subur, hal yang pertama kali yang dilakukan oleh pemilik mobil, yaitu memastikan kunci benar-benar hilang, atau disarankan dicari dengan teliti.

"Kalau masih bisa dicari, cari dulu. Jangan sampai, setelah panik tapi kuncinya malah ketemu, pastikan dahulu supaya tidak salah," kata Subur, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Kedua, kata subur, jika memang kunci tidak ditemukan, alternatifnya adalah menggunakan kunci cadangan. Jika lokasi mobil dengan rumah dekat, lebih baik kembali ke rumah dan mengambil kunci cadangan. Tapi jika jauh, Anda dapat menghubungi diler terdekat. 

“Syaratnya, cukup dengan menyertakan surat keterangan kepemilikan kendaraan dan tentunya biaya tambahan untuk pergantian kunci," katanya.

Namun, jika kejadian tersebut terjadi di malam hari dan tidak ada bengkel yang buk, pilihan terakhir adalah dengan mendobrak kaca mobil. "Kalau memang tak ada jalan lain bisa lakukan itu, sebenarnya ada cara lain lagi, tapi tidak diperbolehkan bagi yang tidak mengerti. Sebab, akan merusak mesin, jadi bagi yang masih sulit, pecah kaca jalannya," katanya.

Jika mobil sudah dibuka, kata dia, pemilik mobil bisa membawa montir terdekat yang memang bisa menghidupkan mobil. Namun, apabila tidak ada, gunakan derek hingga tempat yang aman. "Setidaknya, ini bisa dibawa oleh derek sampai dengan rumah, atau bengkel yang di kota masih buka, untuk dibuatkan kunci serep, kalau memang masih tidak bisa," kata dia.

Bagi sebagian pemilik mobil, masih menganggap memecahkan kaca saat kondisi seperti demikian akan membuat garansi mobil hilang. Padahal, dalam kondisi emergensi, mobil yang mengalami pecah kaca tidak akan membuat garansi hilang, termasuk saat kunci memang hilang.

“Itu kan emergensi, jadi tidak ada kaitannya dengan garansi, secara faktor tidak akan merusak apapun seperti mesin dan lain sebagainya. Jadi, tidak akan menghilangkan garansi," katanya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP