Teknik Cuci Mobil Berwarna Putih Agar Tetap Cemerlang

Mencuci mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA.co.id – Mobil dengan warna putih memang perlu melakukan perawatan ekstra, agar warnanya tidak mudah berubah. Sebab, perubahan warna pada cat putih bisa terjadi karena proses pencucian mobil yang tidak benar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Staf Marketing dan Promosi Meguiars Indonesia Yanuar mengatakan,mencuci mobil, disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu kotoran dan debu menggunakan kemoceng, atau semprotkan air bertekanan tinggi.

Selanjutnya, gunakan metode dua ember. “Jadi, wadah untuk sampo dan pembilasan berbeda, agar kotoran tidak menyatu. Lalu, cuci mobil dengan wash mitt atau lap khusus,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 10 Oktober 2016.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Cara pembilasan juga harus diperhatikan, agar proses pencucian dapat berlangsung dengan optimal. “Bilas mulai dari panel bodi paling atas, lalu perlahan turun secara bertahap. Jangan tidak teratur, karena sumber kotoran itu ada di bagian bawah,” jelasnya.

Ia juga menyarankan untuk memakai jenis sampo khusus mobil. “Jangan pernah gunakan detergen, pencuci piring, dan sampo rambut, karena bisa membuat warna mobil jadi berubah. Lebih baik menggunakan cairan khusus mencuci mobil,” ungkapnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dan yang terakhir, jangan malas mencuci mobil saat bodi sudah mulai kotor. Bila dibiarkan, kotoran bisa membuat cat mobil terlihat menguning.

Jika hal itu terjadi, maka satu-satunya cara membuat warna putih kembali cemerlang adalah dengan memoles cat dengan wax.

Menurutnya, untuk aplikasikan sampo gunakan wash mitt mulai dari bagian atap (atau teratas) berangsur turun atau pindah ke bagian-bagian yang lain secara merata. Lalu bilas lagi dengan air, keringkan dengan water magnet atau lap microfiber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya