TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Teknik Cuci Mobil Berwarna Putih Agar Tetap Cemerlang

Gunakan metode dua ember.
Teknik Cuci Mobil Berwarna Putih Agar Tetap Cemerlang
Mencuci mobil. (VIVA.co.id/Ifan Gusti)

VIVA.co.id – Mobil dengan warna putih memang perlu melakukan perawatan ekstra, agar warnanya tidak mudah berubah. Sebab, perubahan warna pada cat putih bisa terjadi karena proses pencucian mobil yang tidak benar.

Staf Marketing dan Promosi Meguiars Indonesia Yanuar mengatakan,mencuci mobil, disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu kotoran dan debu menggunakan kemoceng, atau semprotkan air bertekanan tinggi.

Selanjutnya, gunakan metode dua ember. “Jadi, wadah untuk sampo dan pembilasan berbeda, agar kotoran tidak menyatu. Lalu, cuci mobil dengan wash mitt atau lap khusus,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 10 Oktober 2016.

Cara pembilasan juga harus diperhatikan, agar proses pencucian dapat berlangsung dengan optimal. “Bilas mulai dari panel bodi paling atas, lalu perlahan turun secara bertahap. Jangan tidak teratur, karena sumber kotoran itu ada di bagian bawah,” jelasnya.

Ia juga menyarankan untuk memakai jenis sampo khusus mobil. “Jangan pernah gunakan detergen, pencuci piring, dan sampo rambut, karena bisa membuat warna mobil jadi berubah. Lebih baik menggunakan cairan khusus mencuci mobil,” ungkapnya.

Dan yang terakhir, jangan malas mencuci mobil saat bodi sudah mulai kotor. Bila dibiarkan, kotoran bisa membuat cat mobil terlihat menguning.

Jika hal itu terjadi, maka satu-satunya cara membuat warna putih kembali cemerlang adalah dengan memoles cat dengan wax.

Menurutnya, untuk aplikasikan sampo gunakan wash mitt mulai dari bagian atap (atau teratas) berangsur turun atau pindah ke bagian-bagian yang lain secara merata. Lalu bilas lagi dengan air, keringkan dengan water magnet atau lap microfiber.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP