Penyebab Ball Joint Mobil Rusak dan Cara Pencegahannya

ball joint pada kaki-kaki mobil.
Sumber :
  • Mercedesblogspot

VIVA.co.id – Agar berkendara tetap nyaman dan aman, pemilik mobil wajib merawat kendaraan secara berkala. Perawatan tidak hanya dilakukan pada mesin saja, tapi juga bagian kaki-kaki, termasuk ball joint.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Komponen ini berfungsi sebagai penyambung antara setir mobil dengan roda. Bila rusak, ball joint akan mengeluarkan suara kasar dan membuat pengendalian kurang responsif.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, memberikan beberapa tips pada pemilik mobil agar ball joint awet dan tidak mudah rusak.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Pertama, Pastikan karet penutup tidak rusak, sehingga debu atau air tidak masuk," kata Anjar kepada VIVA.co.id, Selasam 11 Oktober 2016.

Kedua, menurut Anjar, sering hindari jalanan rusak. Usahakan mengurangi kecepatan saat melintasi lubang, agar benturan antara lubang dan roda menjadi berkurang.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Semaksimal mungkin hindari genangan air yang tinggi, agar ball joint tidak kemasukan air. Kalau kena genangan air terus, gemuknya bisa hilang, sehingga tidak ada pelumasan," ujar dia.

Jika mobil kerap menerjang genangan air atau banjir, maka sebaiknya kaki-kaki mobil diperiksa secara berkala, untuk memastikan tidak ada komponen yang aus sebelum waktunya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022