TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penyebab Ball Joint Mobil Rusak dan Cara Pencegahannya

Ball joint berfungsi menghubungkan setir dengan roda.
Penyebab Ball Joint Mobil Rusak dan Cara Pencegahannya
ball joint pada kaki-kaki mobil. (Mercedesblogspot)

VIVA.co.id – Agar berkendara tetap nyaman dan aman, pemilik mobil wajib merawat kendaraan secara berkala. Perawatan tidak hanya dilakukan pada mesin saja, tapi juga bagian kaki-kaki, termasuk ball joint.

Komponen ini berfungsi sebagai penyambung antara setir mobil dengan roda. Bila rusak, ball joint akan mengeluarkan suara kasar dan membuat pengendalian kurang responsif.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, memberikan beberapa tips pada pemilik mobil agar ball joint awet dan tidak mudah rusak.

"Pertama, Pastikan karet penutup tidak rusak, sehingga debu atau air tidak masuk," kata Anjar kepada VIVA.co.id, Selasam 11 Oktober 2016.

Kedua, menurut Anjar, sering hindari jalanan rusak. Usahakan mengurangi kecepatan saat melintasi lubang, agar benturan antara lubang dan roda menjadi berkurang.

"Semaksimal mungkin hindari genangan air yang tinggi, agar ball joint tidak kemasukan air. Kalau kena genangan air terus, gemuknya bisa hilang, sehingga tidak ada pelumasan," ujar dia.

Jika mobil kerap menerjang genangan air atau banjir, maka sebaiknya kaki-kaki mobil diperiksa secara berkala, untuk memastikan tidak ada komponen yang aus sebelum waktunya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP