TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Untung-Rugi Motor Pakai Pelek dan Ban Lebar

Saat ini aplikasi ban lebar mulai banyak dilirik para biker.
Untung-Rugi Motor Pakai Pelek dan Ban Lebar
Ban tapak lebar pada sepeda motor. (Istimewa)

VIVA.co.id – Saat ini, tren mengganti pelek bawaan pabrik menjadi lebih lebar banyak ditempuh para biker, utamanya yang memiliki tunggangan ber-genre sport.

Banyak alasan kenapa pelek lebar banyak dipilih biker. Selain dapat membuat penampilan motor terlihat lebih "gahar", pelek lebar juga diklaim memiliki keseimbangan yang lebih baik dan mampu meredam guncangan jalan dengan maksimal. Selain itu, motor akan lebih nampak menggigit jika diajak bermanuver di tikungan.

Namun, di balik manfaat tersebut, ada juga kerugian yang didapatkan oleh pemilik motor apabila menggunakan pelek dan ban lebar pada motor, khususnya pada motor sport. Apa saja kerugiannya?

General Manager Service dan Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin mengatakan, jika pelek motor diperlebar tentunya akan memengaruhi beberapa aspek motor. Hal ini dikarenakan pabrikan sudah mengatur dengan proporsional setiap bentuk dan ukuran yang digunakan.

"Makanya, kalau pelek diperlebar akan memberikan dampak di akselerasi dan konsumsi BBM, karena bertambah berat dan lebar membuat resistensi menjadi lebih besar," kata Abidin kepada VIVA.co.id, Selasa, 11 Oktober 2016.

Pengunjung memilih ban bekas di Masterpiece Ban.

Maka itu, Abidin menyarankan agar pemilik motor untuk menggunakan ukuran yang sudah disesuaikan oleh pabrikan untuk menjaga keselamatan dan juga keamanan dalam berkendara.

Rumah ban motor.

"Ideal standar saja sebetulnya cukup, jadi disarankan untuk menggunakan standar saja, idealnya untuk motor sport itu ban depan 110/70, ban belakang belakang 130/70, dengan diameter 17 inci rim depan 2.75 dan belakang 3.50," ujar dia. 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP