TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

BMW Hadirkan Motor Penantang Harley-Davidson

Desainnya menggabungkan konsep touring dengan chopper.
BMW Hadirkan Motor Penantang Harley-Davidson
BMW K1600 B. (Paultan.org)

VIVA.co.id – Salah satu sepeda motor yang banyak digandrungi sejak dulu adalah tipe cruiser. Tipe ini banyak disukai karena modelnya yang gagah dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh.

Merek yang hingga saat ini paling banyak membuat model cruiser adalah Harley-Davidson. Merek asal Amerika Serikat itu memiliki gaya khas yang banyak ditiru pabrikan motor lain, yakni chopper.

Desain chopper umumnya ditunjukkan dengan posisi jok yang rendah dan setang tinggi. Posisi berkendara jadi agak rebah ke belakang, sehingga terasa nyaman meski melaju selama berjam-jam.

Dilansir dari Paultan, Selasa 11 Oktober 2016, kesuksesan Harley-Davidson rupanya juga diperhatikan oleh merek otomotif premium asal Jerman, BMW.

Bahkan, divisi roda dua mereka, BMW Motorrad, pernah meluncurkan motor cruiser R1200 C. Sayangnya, respons konsumen tidak seperti yang diharapkan.

Dan kini, BMW coba menghadirkan tipe motor lain yang mungkin bisa menjadi favorit para pengendara cruiser. Motor yang dimaksud adalah K1600 B.

Desain motor ini menggabungkan antara gaya khas chopper pada bagian belakang dan bentuk motor touring pada sektor depan. Motor ini memiliki fairing yang lebar dan tinggi, lengkap dengan pelindung angin (windshield).

Kesan chopper ditunjukkan melalui desain jok yang sengaja dibuat rendah dan hampir rata antara pengendara dan pembonceng. Karena motor ini dirancang untuk perjalanan jarak jauh, maka disematkan dua boks pada sisi samping belakang.

Mesin K1600 B sama seperti yang dipasang pada K1600 GT, yakni enam silinder berkapasitas 1.649cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 160 daya kuda dan torsi 175 Newton meter, cukup besar untuk ukuran motor jalan raya.

BMW belum mengumumkan secara resmi spesifikasi detail motor ini maupun banderolnya. Namun, proses produksi diperkirakan akan mulai dilakukan dalam waktu dekat.

BMW K1600 B.

BMW K1600 B (Foto: Paultan)

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP