TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Begini Akibatnya Jika Motor Sering Telat Ganti Oli

Penggantian oli disarankan dilakukan tiap bulan.
Begini Akibatnya Jika Motor Sering Telat Ganti Oli
Servis motor di bengkel umum. (VIVA.co.id/Yasin Fadillah)

VIVA.co.id – Pada sepeda motor empat tak atau empat langkah, penyetelan celah klep merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Sebab jika tidak tepat, maka bakal berakibat suara mesin menjadi berisik.

Menurut penggawa bengkel Medan Jaya Motor, Narto, akan terjadi ketidaknormalan pada sistem kompresi apabila kerenggangan klep tak sesuai dengan standarnya. Hal itu disebabkan oleh celah katup yang terlalu besar sehingga terlambat membuka dan cepat menutup.

"Celah klep yang kerenggangannya terlalu lebar bisa buat mesin berisik sekali," kata Narto kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016.

Dia menambahkan, kerenggangan celah klep motor disebabkan oleh umur pemakaian yang lebih dari lima tahun sehingga membuat celah klep atau katupnya melebar. Selain itu kerenggangan terjadi karena keausan klep akibat pelumasan yang tidak baik. Untuk itu, dia menyarankan pengguna motor agar tidak telat dalam mengganti oli setiap bulannya agar tak terjadi gesekan langsung antarkomponen.

"Jangan keseringan telat ganti oli, sebab bisa membuat komponen bergesekan langsung, besi ketemu besi maka bisa aus klepnya," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, kerenggangan celah klep di setiap jenis motor berbeda-beda lantaran sesuai merek dan buku petunjuknya. "Kita setel ulang celahnya sesuai buku petunjuk, sebab saya tidak hafal, kalau disetel masih belum dapat, biasanya mekanik sarankan mengganti klep yang baru dan kita setel lagi," ujarnya.

Untuk biaya penggantian katup, sekitar Rp100 ribu. Namun harga tersebut belum termasuk dengan ongkos servisnya. "Servis dan ganti baru klepnya bisa kena Rp300 ribuan, sebab ini termasuk jenis servis besar, kita harus bongkar cylinder head mesin dan komponen mesin lain," katanya.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP