TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Lirik Biaya Servis Power Window Macet

Power window berfungsi untuk menaik-turunkan kaca jendela mobil.
Lirik Biaya Servis Power Window Macet
Power window pada mobil. (VIVA.co.id/Dian Tami)

VIVA.co.id – Kaca mobil bisa jadi satu dari sekian banyak komponen mobil yang rentan rusak karena sangat sering dioperasikan. Ada kalanya kaca mobil akan mengalami masalah seperti sulit dinaikkan atau bahkan mengalami kemacetan.

Dewasa ini, pengoperasian kaca diketahui telah banyak mengaplikasikan power window. Jika masalah itu dialami, tentu mengganggu kenyamanan berkendara.

Menurut Yono, pemilik King Motor, kerusakan itu biasanya terjadi pada motor power window. Motor power window berfungsi untuk menggerakkan regulator yang terkait dengan kaca, sehingga kaca bisa terangkat naik turun.

"Kalau kaca sudah mulai lambat menutup lama-lama akan macet, lalu bisa juga dibantu oleh tangan untuk menutupnya, itu adalah ciri sederhana power window bermasalah, maka harus cepat diperbaiki," kata Yono kepada VIVA.co.id, di Pasar Mobil Kemayoran Blok S 88E, Jakarta Pusat, Selasa 11 Oktober 2016.

Saat disinggung mengenai biaya servis, Yono mengatakan kisaran harga mulai dari Rp350 ribu hanya untuk jasa, dan penggantiaan komponen bisa mencapai Rp3,5 juta. Namun biaya tentu tergantung dari merek dan model mobil.

"Semuanya tergantung dari merek mobilnya apa. Karena memang berbeda perbaikan antarmerek mobil. Kalau hanya jasa saja tanpa ada penggantian part itu Rp350 ribu. Kalau ada penggantian part bisa sampai Rp3,5 juta," tambahnya.

Selain itu, Yono menjelaskan bila mobil milik pabrikan Eropa rata-rata dibanderol lebih mahal dibandingkan mobil Jepang. "Selain merek bisa juga dilihat dari mana, Eropa tentu lebih mahal dari Jepang," ujarnya.

Penanganan sederhana

Seperti dilansir situs resmi Toyota, beberapa hal yang menyebabkan kaca jendela mobil macet atau seret adalah kotornya jalur kaca. Debu yang menempel pada jalur kaca mobil bisa menyebabkan kaca sulit dinaik-turunkan. Hal ini terlihat sepele, akan tetapi jika hal ini dibiarkan maka akan merusak komponen lain seperti motor power window, serta regulator.

Untuk motor power window, peranti ini bertugas untuk menggerakkan kaca naik dan turun. Jika bermasalah, tentu sulit untuk digerakkan. Untuk melakukan cek kerusakan motor power window, Anda bisa melakukannya dengan mendengarkan suara motor, apabila tidak terdapat suara motor ketika tombol power window ditekan, artinya motor rusak. Hal ini bisa juga karena kerusakan sistem kelistrikan mobil sehingga listrik tidak bisa mengalir ke motor atau dinamo.

Sementara tugas regulator, yakni penghubung antara motor dan kaca jendela mobil. Regulator ini ada yang berjenis gerigi dan berjenis kabel. Kerusakan regulator bertipe gerigi antara lain gerigi sudah tipis dan bentuknya tidak presisi, sedangkan kerusakan regulator kabel adalah putusnya kabel tersebut. Kerusakan regulator ini bisa diperbaiki dengan cara menggantinya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP