TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Reaksi Toyota LCGC Dilarang Jadi Taksi Online

Pemerintah menyebut, taksi online minimal dibekali mesin 1.300cc.
Reaksi Toyota LCGC Dilarang Jadi Taksi Online
Logo Toyota. (REUTERS/Yuya Shino)

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) angkat bicara terkait larangan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car untuk digunakan sebagai taksi online. Sebab Toyota belum lama ini meluncurkan produk terbarunya di segmen LCGC yakni Calya. Sementara di sisi lain, banyak pihak membeli mobil untuk kemudian disewakan kembali menjadi taksi online.

Executive General Manager Area Management PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, memastikan, aturan pelarangan yang diterapkan oleh pemerintah itu tak bakal mengganggu penjualan Toyota Calya. "Untuk Calya, target kami adalah first buyer family dan rasanya tidak ada masalah," kata Anton saat dihubungi VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016.

Ia optimistis penjualan Toyota Calya bisa mencapai target yang telah ditentukan pabrikannya. Sehingga, kata dia, pihaknya tak takut menjual mobil adik dari Toyota Avanza itu. "Masih bisa mencapai target (penjualan)," ungkapnya.

Toyota, kata dia, mengikuti aturan yang diterapkan oleh pemerintah tentang pelarangan itu. Namun ia tak menyebut secara pasti langkah apa yang akan dilakukan Toyota menghadapi regulasi dari pemerintah. "Ya kan peraturannya sudah ada, jadi kita tinggal ikuti peraturan itu," katanya.

Toyota Calya

Sekadar diketahui bahwa mulai Oktober 2016 ini, kendaraan jenis LCGC tidak boleh lagi digunakan sebagai mobil angkutan sewa berbasis aplikasi. Hal itu berdasarkan ketentuan Pasal 18 Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Tidak Dalam Trayek.

Aturan itu menyebutkan bahwa taksi online yang diperbolehkan uji kelayakan kendaraan atau KIR hanyalah mobil-mobil yang memiliki kapasitas mesin di atas 1.300 cc. Artinya mobil LCGC yang berkapasitas mesin 1.200cc  tidak boleh lagi dipergunakan sebagai mobil angkutan berbasis aplikasi.
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP