Biaya Ganti Setir Mobil dengan Model Terbaru

Setir mobil Toyota tipe terbaru.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Seiring dengan perkembangan teknologi, setir juga mengalami perubahan dalam hal fungsi.

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Tidak hanya sekadar mengubah arah roda, setir mobil kini juga berfungsi sebagai pusat kendali beberapa fitur mobil, seperti audio dan cruise control.

Sayangnya, setir berteknologi canggih hanya tersedia pada mobil-mobil keluaran terbaru saja.

Kenali Teknik Memutar Setir Mobil yang Benar

Untungnya, kini sudah banyak toko yang menyediakan setir model terbaru, yang tersedia dalam banyak varian, sesuai dengan merek dan tipe mobil.

Salah satu contohnya toko DionRangga di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat. Toko ini menjajakan beragam setir mobil Jepang dan Eropa keluaran terbaru, sekaligus menyediakan jasa pemasangan.

Viral Mobil dari Jakarta Jalan-jalan Di China Jadi Sorotan, Kok Bisa?

Pemilik DionRangga, Muhammad Bobby mengatakan, harga yang ditawarkan sangat bervariasi, tergantung dari tipe mobil. Kisaran harganya Rp6,5-15 jutaan.

"Setir Fortuner 2016 Rp15 juta, Innova Luxury 2014 Rp6 jutaan, Nissan Juke dan March 2015 Rp5,5 juta. Camry 2015 Rp8 jutaan," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 11 Oktober 2016.

Nah, untuk setir yang sudah tertanam audio steering switch control, butuh kabel tambahan. Kabel ini menghubungkan setir dengan perangkat audio yang ada di mobil.

"Kabel memang dijual terpisah, jadi ada biaya tambahan. Untuk mobil Jepang atau Eropa, harga kabelnya sama, Rp1,5 juta. Kabel spiral yang kami gunakan asli bawaan pabrik. Ongkos pemasangan Rp350 ribu," jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya