TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Fitur Tersembunyi Avanza dan Veloz, Tak Banyak yang Tahu

Anda harus baca buku manual agar mengerti seluruh fitur.
Fitur Tersembunyi Avanza dan Veloz, Tak Banyak yang Tahu
Toyota Avanza. (Dok)

VIVA.co.id – Meski akrab dan kerap mengendarai mobil, banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui fungsi fitur-fitur yang menempel pada tunggangannya. Salah satunya adalah tombol defogger pada Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Tombol yang berlogo seperti embun ini selalu menempel pada bagian dekat setir  mobil.

Bukan hanya yang baru pertama kali memiliki mobil saja yang bingung fungsi dari defogger itu. Tapi, pemilik mobil yang sudah cukup lama menggunakan mobil pun sering kedapatan bingung dengan tombol itu. Lantas apa sebenarnya fungsi tombol defogger pada mobil?

Menurut Budi Setiyawan, Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta, defogger memiliki fungsi yang cukup penting pada mobil, terlebih jika dibesut pada saat hujan.

"Fungsinya yaitu untuk memberikan energi panas agar kabut yang berada di kaca mobil hilang dan tidak menghalangi pandangan pengendara," ujar dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Budi mengatakan, cara pengaktifan defogger biasanya manual. Letak defogger biasanya berada di dekat setir mobil, untuk memudahkan penggunanya. Agar pengoperasian dapat optimal, Budi menganjurkan agar defogger dilakukan perawatan dengan baik.

Kata Budi, defogger sendiri terdapat dua jenis, yakni dengan menggunakan udara dan juga elektrik. Pada bagian kaca depan, biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk dari ventilasi mobil yang berada di bagian dasbor. Sedangkan pada bagian belakang mobil, menggunakan defogger elektrik, dan alatnya terletak di bagian kaca belakang.

"Biasanya terletak di bagian belakang mobil, di bagian kaca belakang terdapat garis-garis seperti kawat dengan yang tipis sebagai penghantar energi listrik atau panas," kata Budi.

Selain defogger, di Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz juga dilengkapi dengan power window auto up and down dengan jam protection. "Jadi lebih modern, aman, dan tentu memudahkan pengemudi," kata Budi.

Kepala Mekanik Toyota Auto2000 Kebayoran Rocky Yonathan mengatakan, Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz juga telah dibekali sistem keamanan  dual SRS Airbag, pengeraman ABS, dan tujuh sabuk pengaman di tiga titik.

Toyota Avanza di pegunungan Jawa Tengah

Bukan hanya itu, jika terjadi tabrakan dari samping, juga aman karena sudah disematkan side impact beam, baja penahan benturan samping.

Bagi yang mempunyai anak kecil atau bayi,  Toyota juga menjamin kenyamanan dengan kursi Isofix yang berguna untuk tempat duduk anak kecil di bangku baris kedua.

Kepala Mekanik Auto2000 Cikarang Indah Yuliana mengatakan hal yang sama. Apabila konsumen tidak mengetahuinya tentu sangat rugi.

"Fitur itu dibuat untuk memudahkan konsumen, seandainya pelanggan tidak paham, tentu kerugian," kata Indah. “Maka, pelajarilah buku petunjuk dengan baik.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP