TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Trik Bikin Halus Suara Knalpot yang Sudah Sember

Suara sember tentu mengganggu kenyamanan berkendara.
Trik Bikin Halus Suara Knalpot yang Sudah Sember
Knalpot Bising (edorusyanto.wordpress.com)

VIVA.co.id – Knalpot merupakan komponen pada sepeda motor yang berfungsi meredam suara hasil pembakaran di ruang mesin. Oleh karena itu, setiap pemilik harus menjaga komponen itu agar terhindar dari timbulnya masalah.

Penggawa Zanny Knalpot Motor, Zanny mengungkapkan, salah satu masalah yang kerap dijumpai adalah knalpot kotor. Masalah itu sering dialami motor dua dan empat langkah (tak).

"Karena di awal mesinnya lagi bermasalah maka olinya rembes dan naik ke knalpot hingga buat kotor," kata Zanny kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.

Knalpot yang kotor, kata dia, akan mempengaruhi suara yang ditimbulkan. "Knalpot kalau peredam dan saringannya sudah hitam banget dan enggak fungsi suaranya menjadi tidak enak. Suaranya kasar, pecah, sember, dan tidak bulat," ungkapnya.

Untuk itu, cara menanggulanginya, menurut dia, sebaiknya segera mengganti peredamnya, namun dengan catatan kondisi mesin sudah normal sehingga oli tidak rembes dan naik lagi ke knalpot.

asap knalpot berwarna putih.

"Peredamnya diganti saja yang baru, sekarang ini kan banyak knalpot yang model pakai baut tuh biar bisa bongkar pasang peredamnya dengan mudah tidak seperti knalpot model las-lasan," ujar dia.

Untuk biaya mengganti peredam di bengkelnya, dipatok bervariasi, mulai dari harga Rp35-50 ribu dan ada tambahan Rp10-20 ribu jika menggunakan knalpot model las. "Harga peredamnya saja paling murah Rp35 ribu dan paling mahal Rp50 ribu."

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP