TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mobil Murah Renault Rilis Minggu Depan di Jakarta

Renault Kwid dipasarkan dengan mesin berkapasitas 1.000cc.
Mobil Murah Renault Rilis Minggu Depan di Jakarta
Renault Kwid. (Cardekho)

VIVA.co.id – PT Auto Euro Indonesia (AEI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Renault di Tanah Air, secara resmi akan meluncurkan mobil murah yang mengusung bentuk crossover mungil, dalam waktu dekat. Mobil murah itu yakni Renault Kwid yang datang dengan platform sama dengan Datsun redi-GO.

Kwid sejauh ini sudah meluncur di India, di mana negara tersebut memang dipercaya untuk memproduksi mobil besutan merek Perancis itu.

Kwid kini juga sudah tercatat di laman Tanda Pendataran Tipe (TPT) online milik Kementerian Perindustrian. Model yang akan dipasarkan di Indonesia, yakni Kwid Rxt 1.0 SCE (4x2) transmisi manual. Edisi tersebut diketahui merupakan varian tertinggi pada Renault Kwid. Di India, mobil ini dijual dengan banderol sekira Rp63 jutaan.

Menurut salah seorang informan yang tahu persis dengan permasalahan ini, Kwid akan meluncur tak lama lagi di Indonesia. “Peluncurannya tanggal 19 Oktober, berarti minggu depan. Tempat (peluncuran) itu ada di sebuah mal di Jakarta,” kata sumber tersebut saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu 12 Oktober 2016.

Sumber tersebut juga mengatakan, bersamaan dengan peluncuran Kwid di Indonesia, pihak PT AEI juga akan merilis satu model baru dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Renault Koleos. Jika sebenarnya Koleos telah diperkenalkan Renault di Indonesia sejak beberapa waktu lalu, kini yang diperkenalkan merupakan edisi terbarunya.

Renault Kwid

Renault Kwid. Foto: Indianautosblog

"Jadi akan ada dua mobil yang meluncur tanggal 19 (Oktober 2016), satu lagi SUV Koleos terbaru," kata dia.

Pembunuh LCGC

Sebelumnya, Ario Soerjo, Sales and Marketing Division Head PT AEI mengakui, pihaknya saat ini memiliki rencana untuk meluncurkan mobil yang didaftarkan dengan nama Renault Kwid Rxt 1.0 SCE (4x2) transmisi manual.

“Rencana memang ada, tetapi saya enggak bisa berkomentar banyak mengenai hal tersebut. Memang sudah didaftarkan, tetapi kami lihat dulu nanti, semuanya masih rencana,” katanya, saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa kemarin, 11 Oktober 2016

Kemunculan crossover Renault Kwid yang telah lebih dulu dipasarkan di India, memang sangat mengundang daya tarik. Bagaimana tidak, harga yang cukup terjangkau dinilai sebagai salah satu keunggulannya. Meski demikian, Ario enggan mengungkapkan kisaran harga apabila benar mobil tersebut mengaspal di Indonesia. “Baru rencana, saya enggak bisa komentar banyak, apalagi soal harga,” ujarnya.

Jika melihat peta persaingan, Kwid tentu akan merecoki pasar Low Cost and Green Car (LCGC) yang ada saat ini. Di mana, kapasitas mesin yang ditawarkan juga sama, termasuk dari sisi harga. Namun, jika di India dijual dengan harga Rp60 jutaan, disinyalir kuat harga jual di Indonesia akan lebih mahal dari harga di sana.

Saat ini PT AEI menawarkan lima model, yakni Clio, Megane, SUV Capture, Duster, dan Koleos. Kwid diprediksi sengaja dipersiapkan untuk membuka pasar baru, di mana pasar LCGC memang tengah menggeliat belakangan di Tanah Air. Namun, Kwid sudah pasti bukanlah LCGC, karena statusnya yang diimpor utuh dari India, meski mesin dan harga yang nampak sama.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP