Mobil-mobil Buatan Indonesia Semakin Laris di Luar Negeri

All New Avanza Veloz
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengklaim sepanjang Januari hingga September 2016 ekspor mobil Toyota dalam keadaan utuh atau Completely Built Up (CBU) mencapai 123.700 unit dan kondisi terurai atau Completely Knocked Down (CKD) 34.500 unit.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Tak hanya itu, Toyota Indonesia yang memiliki lima pabrik produksi, yakni tiga pabrik di Sunter, Jakarta Utara dan dua pabrik di Karawang, Jawa Barat itu, juga mengekspor mesin bensin lebih dari 90.300 unit, lalu mesin etanol lebih dari 16.200 unit, dan komponen kendaraan sekitar 64,7 juta buah.

Menurut Senior Direktur TMMIN Edward Otto Kanter, produk-produk ekspor ini dikirim ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, Pasifik, serta Timur Tengah.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

“Saat ini rata – rata volume ekspor kendaraan utuh dari pabrik Toyota dan grupnya di Indonesia telah mencapai 12.000 unit per bulan dan rata-rata volume ekspor mesin, CKD, dan komponen sebanyak 750 container (FeU) per bulan,” kata Edward.

Edward menyatakan, volume ekspor yang meningkat diiringi dengan peningkatan penggunaan komponen dalam negeri. Oleh sebab itu, dia mengatakan, produk yang dihasilkan tidak hanya berkualitas global namun juga sarat dengan kandungan lokal.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

Untuk lokalisasinya sendiri, sejumlah produk Toyota memang cukup tinggi. Sebut saja Kijang Innova yang memiliki tingkat kandungan lokal hingga 85 persen, lalu Sienta mencapai 80 persen, Fortuner sebesar 75 persen, serta Vios, Yaris, dan Etios Valco masing-masing sebanyak 60 persen.

Peningkatan ini juga disebut berkat dukungan pemasok lokal yang total di 2016 sebanyak 139 pemasok lokal lapis pertama.

Wanita Ini Nyesel Membeli Mobil Gegara Cicilannya

Viral Wanita Ini Nyesel Beli Toyota Vellfire, Cicilan dan Biaya Servis Mencekik!

Sosial media sedang ramai perbincangan mengenai penyesalan yang dirasakan oleh seorang wanita asal  yang membeli mobil Toyota Vellfire karena besarnya cicilan.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2023