TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Biaya Custom Bushing dan Mounting untuk Mobil Lawas

Mobil lawas terkadang susah mendapatkan suku cadang ini.
Biaya Custom Bushing dan Mounting untuk Mobil Lawas
Karet bushing mobil. (Elephantracing)

VIVA.co.id – Jika handling mobil Anda sudah berubah dari biasanya, dan getaran mesin menjadi lebih besar, lebih baik segera periksa ke bengkel. Karena kedua masalah ini bisa saja disebabkan oleh bushing dan engine mounting yang mulai rusak atau aus.

Seperti yang diketahui, engine mounting itu terbuat dari karet yang fungsinya untuk menjaga keseimbangan mesin, dan meredam getaran mesin saat menyala. Karet ini lah yang menjadi pegangan mesin ke sasis.

Sedangkan bushing ada dua macam. Bushing stabilizer fungsinya sebagai pengikat sasis dan penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Sedangkan bushing arm untuk peredam jika ada getaran yang berasal dari pergerakan kendaraan.

Nah, kalau kedua karet ini sudah mengalami kerusakan lebih baik segera diganti. Tapi, yang apes, kalau Anda pemilik mobil lawas atau mobil built up, terkadang untuk mencari kedua suku cadang ini rada-rada susah, karena tidak tersedia di pasaran.

Tapi Anda jangan putus asa. Beberapa bengkel seperti Lili Shockbreaker di kawasan Haji Nawi, Jakarta Selatan menyediakan jasa custom bushing dan mounting. Yang menjadi pertanyaan, berapa biayanya?

Wawan, Kepala Bengkel mengatakan, biasanya orang yang custom bushing arm, bushing stabilizer, mounting, karena di toko tidak menjual.

"Saya bisa bikin, untuk harga beragam yang Rp150 ribu sampai Rp400 ribu juga ada, tergantung diameternya. Waktu itu saya buat bushing untuk Hammer, yang diameternya besar itu saya kasih Rp450 ribuan," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Ia mengatakan, untuk bushing mobil Jepang sekelas MPV, SUV, dan city car dibanderol hanya Rp 150-250 ribu. "Pokoknya yang bahan karet saya bikin, seperti mounting harganya dari Rp 200-400 ribu," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP