Ford Tunjuk RMA Group, Diler-diler Merasa Tak Dihargai

Logo pabrikan mobil Ford.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Polemik atas hengkangnya PT Ford Motor Indonesia (FMI) dari Tanah Air terus bergulir. Terbaru, Ford Motor Company selaku prinsipal telah menunjuk RMA Group untuk melayani pelanggan yang ada di Tanah Air.

Ford Sudah Lama Hengkang, Bengkel Resminya Ternyata Masih Ada

Hal ini pun langsung mendapat reaksi dari beberapa diler Ford milik perorangan yang ada di Indonesia. Sebab, 31 diler, termasuk Kreasi Auto Kencana dan Nusantara Ford, mengaku siap menjadi pihak penanggung jawab kelangsungan merek tersebut di Tanah Air.

Menurut pengacara 31 diler Ford tersebut, Harry Ponto, penunjukkan RMA Group dinilai tidak menghargai diler-diler yang sebelumnya menjadi rekanan FMI. Terlebih, tak ada pemberitahuan kepada diler yang sudah mengajukan diri sebagai pihak ketiga melalui ajang seleksi beauty contest.

Kapan Mobil Ford Mulai Dijual Lagi di Indonesia?

"Ini menunjukkan, betapa Ford itu sama sekali tidak menghargai partner lokal yang sudah membantu membesarkan nama Ford di Indonesia," kata Harry kepada VIVA.co.id, Kamis 13 Oktober 2016.

Ia mengaku, selama ini antara diler dan FMI tidak memiliki masalah secara substansial. Maka dari itu, sudah sepantasnya alternatif diberikan kepada diler untuk melanjutkan purnajual.

Ford Kembali Masuk Indonesia

"Diler memiliki fasilitas. Jadi, sudah sepantasnya kalau opsi diberikan kepada diler untuk meneruskan, bukan pihak asing yang ditunjuk,” ujarnya.

Meski demikian, Harry mengaku, diler tidak memiliki kuasa untuk menentukan siapa pihak ketiga yang resmi mewakili Ford di Indonesia.

Model baru SUV Ford Equator

Ford Punya Mobil Baru yang Mukanya Mirip Wuling Almaz

Ford siapkan model baru SUV Equator.

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2020