TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Mudah Bikin Avanza dan Veloz Tetap Awet dan Irit Bensin

Tips ini sangat mudah. Anda harus mencobanya.
Cara Mudah Bikin Avanza dan Veloz Tetap Awet dan Irit Bensin
Toyota Avanza di pegunungan Jawa Tengah (Dok. TAM)

VIVA.co.id –Toyota Avanza dan Veloz laris manis lantaran menawarkan beberapa keunggulan, seperti irit bahan bakar dan biaya perawatan yang terjangkau.

Lantas bagaimana cara pemilik Toyota Avanza merawat kendaraannya dengan baik agar keawetan dan keiritannya tetap terjaga?

Service Operation Manager Plaza Toyota Muhammad Iqbal mengatakan, merawat Toyota Avanza dan Veloz itu sangat mudah dan juga terjangkau. Agar tetap prima pemilik harus rutin melakukan servis.

Servis dilakukan setiap enam bulan atau setiap 10 ribu kilometer,  mana yang tercapai lebih dulu. "Tak ada alasan untuk tidak servis berkala,” kata Iqbal saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Biaya servis rutin ringan hanya sekitar Rp470 ribu,  sudah termasuk oli mesin. “Servis rutin itu untuk menjaga keawetan mesin," katanya.

Selain itu pemilik juga harus rutin membersihkan filter yang menyaring udara masuk ke ruang pembakaran. Menurutnya, filter udara harus dirawat berkala agar tak sampai kotor, sehingga pembakaran di mesin tetap bersih dan sempurna.

"Selalu cek  juga busi, penggantian air radiator, dan minyak rem," katanya.

Dan itu semua sudah dikerjakan bengkel saat Anda melakukan servis rutin.

Selain servis rutin, Anda juga dapat menjaga keiritan bahan bakar Avanza dan Veloz dengan memperhatikan beberapa hal. Pertama tekanan ban. Apabila tekanan angin berkurang, mesin akan bekerja lebih keras, dan otomatis mesin membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Kemudian, pengoperasian kendaraan saat jalan juga harus secara konstan. Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu. Menginjak pedal rem dan pedal  gas secara kasar juga mempengaruhi konsumsi BBM.

Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cempaka Putih Budi Setiyawan menambahkan, untuk menjaga Avanza tetap sehat dan irit pastikan menggunakan bensin standar non-timbal. Bensin timbal bisa meninggalkan kerak di ruang bakar, dan tentu saja membuat tarikan menjadi loyo.

Toyota Avanza

Selanjutnya, pastikan oli yang dipakai sesuai anjuran pabrikan. "Pastikan juga kendaraan tidak dimodifikasi dan dalam penggunaan normal," katanya.

Untuk menjaga keawetan warna cat, disarankan mencuci mobil secara rutin. Poles Avanza tiap bulan dengan menggunakan sampo yang tepat. Usahakan memarkir kendaraan di tempat yang beratap dan terlindung dari matahari.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP