Cara Mudah Bersihkan Karburator Motor Sendiri di Rumah

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id – Karburator merupakan bagian penting untuk kendaraan bermotor. Hal ini karena karburator merupakan tempat bertemunya bahan bakar dengan udara untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran atau silinder.

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Karenanya, kebersihan dan ketepatan penyetelan karburator sangat diperlukan, sebab sangat berpengaruh pada kinerja mesin. 

Perawatan berkala pada karburator harus selalu dilakukan. Namun Anda tidak perlu khawatir cara merawat komponen ini, karena membersihkan karburator dapat dilakukan sendiri di rumah saat waktu senggang.

Dua Hal Ini Bikin Motor Bergetar Parah

Kepala Mekanik Eka Jaya Motor, Zainal, mengatakan bahwa membersihkan karburator sangatlah mudah. Pertama-tama pemilik kendaraan hanya perlu melepaskan filter udara.

"Membersihkan filter udara gunakan cairan pembersih, lalu dikeringkan dengan membiarkan filter di udara terbuka," katanya kepada VIVA.co.id di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Karburator.

Setelah itu, pemilik kendaraan harus melepaskan baut pengikat karburator, dan dibersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan.

Selanjutnya bersihkan spuyer, dengan menggunakan amplas halus secara hati-hati. Sebelum memasang kembali, pelampung bensin harus terlebih dahulu diatur dengan menggunakan jangka. Setelah itu pasang kembali semua bagian karburator.

"Sangat mudah. Bisa dikerjakan sendiri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya