Cara Mudah Rawat Mesin Motor agar Berumur Panjang

Pengendara servis sepeda motor matiknya.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Melakukan perawatan rutin tentu diperlukan untuk memperpanjang usai motor. Jangan sampai nantinya motor justru membuat repot, lantaran mendadak mogok saat digunakan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya, merawat mesin motor sangatlah mudah, pemilik kendaraan hanya perlu melakukan beberapa cara sederhana, seperti yang diungkapkan Kepala Mekanik Eka Jaya Motor, Zainal.

Menurut dia, syarat utama menjaga mesin kendaraan adalah rutin mengganti oli. "Ganti oli rutin sebulan sekali," katanya kepada VIVA.co.id di Daan Mogot, Jakarta Barat. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Zainal menilai, bahwa pemilik kendaraan biasanya kurang memperhatikan penggantian oli. Tak jarang, pengendara mengganti oli hingga tiga bulan sekali dan itu merupakan dasar penyebab mesin motor cepat rusak.

"Banyak pengendara yang mengganggap mengganti oli itu seingatnya saja, padahal mengganti oli adalah faktor utama menjaga mesin tidak gampang rusak, karena oli adalah darah mesin itu sendiri," ujar Zainal.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

(mus)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022