TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Sederhana Usir Tikus dari Mobil

Jika sudah masuk, tikus sangat sulit diusir.
Tips Sederhana Usir Tikus dari Mobil
Tikus di mesin mobil. (Dok Toyota.)

VIVA.co.id – Tikus kadang sangat menjengkelkan bagi para pemilik mobil. Pasalnya, tikus kerap bersarang di mesin lantaran binatang pengerat itu sangat suka gelap.

Tak hanya itu, yang lebih menjengkelkan tikus kerap menggerogoti kabel-kabel yang ada di dalam mesin. Ini tentu sangat menggangu. Sebab bisa membuat sistem kelistrikan mobil rusak dan tak bisa dinyalakan. 

Lantas, bagaimana cara mengantisipasinya?

Kepala Bengkel Daihatsu Otista, Subur Triyanto, memberi tips mengusir tikus. Menurutnya, tikus sebenanya gampang diusir, yaitu dengan menaruh kapur barus di bagian yang rentan dihinggapi, seperti bagian mesin dan bagian dalam mobil seperti dasbor. 

"Sebisa mungkin diberikan kapur barus di tempat-tempat itu," kata Subur saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 14 Oktober 2016.

Kedua, menurut subur, yang harus dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan mesin dan kolong mobil. Sebab, tikus tidak suka dengan area yang bersih.

"Usahakan jaga interior dari sisa-sisa makanan," ujarnya menambahkan.

Terakhir, hindari parkir di tempat yang rawan tikus dalam waktu lama, seperti rumput, semak belukar, dan di atas got. "Ini sangat berguna mencegah tikus masuk ke dalam mobil.”

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP