TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Blue Bird Sulap Mobil Bekas Taksi Kembali Kinclong

Mobil mewah Mercedes-Benz E-200 Kompressor dijual ke umum.
Cara Blue Bird Sulap Mobil Bekas Taksi Kembali Kinclong
Melepas mahkota mobil taksi (VIVA.co.id/Toto Pribadi)

VIVA.co.id – Mungkin masih banyak yang bingung dengan cara Blue Bird mengubah mobil bekas taksi menjadi terlihat kembali mulus. Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id mengulas cara bekas taksi Silver Bird kembali mewah.

Ya, untuk menjamin kenyamanan para penumpang setianya, Blue Bird memang selalu melakukan peremajaan armada. Sedangkan untuk mobil-mobil yang telah berusia 5 tahun mereka rekondisi kembali untuk dijual ke umum.

Salah satu mobil bekas taksi yang kini tengah dijual Blue Bird adalah sedan mewah Mercedes-Benz E-200 Kompressor. Mobil ini dijual dengan harga dari Rp180 juta hingga Rp210 juta. Harga ini tentu jauh dari harga pasaran.

Nah, yang menjadi pertanyaan, bagaimana tahapan untuk mengubah mobil bekas taksi Mercedes-Benz E-200 Kompressor menjadi kembali 'kinclong'?

Dalam kesempatan ini beberapa wartawan termasuk VIVA.co.id diundang Blue Bird untuk menyambangi bengkel mereka langsung yang berada di pool Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Proses pertama adalah melepas atribut taksi. "Kita lepas mahkota, stiker nomor lambung hingga stiker nama perusahaan. Lalu ada Argo dan fleety," Asisten Manager Bengkel Blue Bird, Eko Joko Sudarto, Jumat 14 Oktober 2016.

Setelah itu, menurut Eko, langkah kedua adalah memoles bagian eksterior mobil seperti menyamarkan bekas-bekas stiker dan lem yang digunakan untuk merekatkan mahkota di atas taksi. Begitu juga dengan baret-baret yang ada.

Langkah selanjutnya, adalah memperbaiki interior mobil termasuk jika ada jok dan headrest yang retak, setir yang rusak, plafon yang kena rokok kita ganti jika memang perlu diganti. Baru masuk ke saloon atau keindahan.

Setelah itu baru masuk tahap teknikal, cek mesin hingga sistem elektrik mulai dari balancing hingga pengecekan SD (start diagnosis). Untuk melakukan ini juga telah menggunakan sistem yang terhubung langsung di Jerman.

Nah, setelah itu, mobil yang telah kembali mulus masuk ke cek final yang harus melewati beberapa tahapan. "Jadi harus lolos cek di bengkel atau produksi, manajer kepala bengkel, koordinatorat, lalu GM terus marketing baru pembeli," kata Eko.

Menurut Eko, waktu yang dibutuhkan untuk merombak mobil taksi menjadi mobil seperti semula membutuhkan waktu satu hari atau sebulan 30 unit. Hal ini dilakukan sembari menunggu pergantian pelat kuning ke pelat hitam.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP