Modifikasi BMW R Nine T Pertama di Indonesia

BMW R Nine T hasil modifikasi Baru Motor Sport
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA.co.id – BMW R Nine T yang beberapa waktu lalu hadir di Tanah Air, kini sudah dicincang habis oleh Baru Motor Sport (BMS). Ini menjadi R Nine T modifikasi pertama di Indonesia. Hal yang menarik sebagain besar aksesori yang digunakan rakitan lokal.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Ariawan, penggawa BMS, mengatakan, bukan projek APM BMW Indonesia, tapi perorangan. Kata dia, ini kerja sama dengan desainer Jerman Hollographic Hammer dan BMW Jerman untuk menciptakan contoh modifikasi R Nine T bangunan anak Indonesia.

Menurutnya, cafe racer asal Jerman ini cocok untuk dimodifikasi. "Banyak parts yang bisa dimodif, seperti kerangka belakang sudah knock down, dan satu-satunya motor dengan pro-arm yang tidak offset,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Ia mengatakan, hampir semua builder di luar negeri sedang berlomba-lomba membuat satu unit custom BMW R Nine T. "Zero Engineering (UK), Roland Sands Design (Amerika), Rough Craft, sampai Rizoma pun sedang proses bikin aksesorinya,” tuturnya.

Penggagas Custom Concept Industries ini mengklaim sempat berbicara dengan pihak prinsipal. Katanya, prinsipal berharap builder Indonesia mempunyai acuan modifikasi bagi para pemilik R Nine T.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

“Proses modifikasi ini memakan waktu kurang lebih satu bulan. 80 Persen aksesori hand made buatan lokal, seperti pelek, cover lampu depan, hand grip, jok, dan knalpot, spatbor. Untuk head mesin dan tangki dicat hitam,” tuturnya.

Pria yang juga tergabung dalam Indonesia Motorcycle Builder (IMB) ini mengatakan, penggunaan barang lokal di sini mempunyai maksud. "Nantinya pemilik R Nine T tak perlu repot-repot memesan aksesori dengan harga selangit dari luar negeri," katanya.

BMW R Nine T hasil modifikasi Baru Motor Sport

BMW R Nine T hasil modifikasi Baru Motor Sport

BMW R Nine T hasil modifikasi Baru Motor Sport

BMW R Nine T hasil modifikasi Baru Motor Sport

Data modifikasi
Pelek depan: Custom CNC 3,5 x 17
Pelek belakang: Custom CNC 6,25 x 17
Ban depan: Metzeler 120/70
Ban belakang: Metzeler 180/55

Cover lampu depan: Custom CNC
Jok: Singel seat custom orisinil kulit
Cover tawon: Original BMW
Knalpot: Custom CCI

Lampu sen: LED custom Belanda
Lampu rem: LED custom Belanda
Hand grip: Custom CCI
Spakbor depan: Custom CCI

Cover upside down: Custom CCI
Spion: Aftermarket 
Speedometer: Digital aftermarket
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya