MMI Setop Beroperasi, Ini Prestasi Mazda Indonesia di 2016

Peluncuran Mazda2
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Akhir pekan lalu, PT Mazda Motor Indonesia (MMI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Mazda di Tanah Air, secara mengejutkan mengalihkan bisnis distribusi dan purnajual kepada Eurokars Group.

Demi Jualan ke Australia, Mobil Mazda akan Dibuat di Indonesia?

Rencananya, Eurokars akan beroperasi sebagai distributor Mazda mulai Februari 2017 mendatang.

Hengkangnya MMI dari pasar otomotif nasional membuat masyarakat bertanya-tanya, seberapa laris penjualan mobil Mazda di tengah ketatnya persaingan pasar.

Deretan Promo Mazda di Jakarta Auto Week 2022

VIVA.co.id mencoba menelusuri penjualan Mazda, khususnya di 2016, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hasilnya, selama Januari-September 2016, penjualan Mazda hanya sebanyak 4.564 unit.

Angka tersebut memang secara wholesales, yaitu penjualan dari pabrik ke diler. Namun, bisa saja data ini berbeda dengan penjualan retailsales (diler ke konsumen).

Mazda2 Generasi Baru Meluncur di Thailand dengan Fitur Berlimpah

MMI selama ini mendatangkan unit dari Jepang dan Thailand dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU). Oleh sebab itu, suplai mobil Mazda ke Indonesia berdasarkan pemesanan.

Masih dari data Gaikindo, penjualan Mazda di Indonesia masuk dalam 10 merek mobil terlaris. Namun, angka penjualannya tidak terlalu menonjol seperti pabrikan asal Jepang lainnya.

Jika dilihat selama Januari-September 2016, penjualan wholesales Mazda tak pernah menembus seribu unit per bulan. Bahkan pada Februari dan Mei 2016, Mazda harus didepak dari 10 merek mobil terlaris.

Prestasi penjualan tertinggi Mazda diraih pada Agustus 2016, dengan perolehan 875 unit. Sementara di September lalu, penjualannya hanya mencapai 261 unit.

Berikut daftar penjualan mobil Mazda di Indonesia selama Januari-September 2016:

Mazda2 2.418 unit

Mazda CX-5 1.220 unit

Mazda Biante 704 unit

Mazda BT-50 115 unit

Mazda6 85 unit

Mazda VX-1 20 unit

Mazda8 2 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya