Naik Motor Sport Tanpa Jinjit, Ini Caranya

Lowering kit untuk motor Sport.
Sumber :
  • Chinapartspro

VIVA.co.id – Bagi Anda yang memiliki tinggi badan kurang dari 170 sentimeter (cm), mengendarai motor sport sekelas sekelas Ninja 250, Yamaha R25 dan Honda CBR250RR mungkin menjadi hal yang sedikit menyusahkan.

Nih Daftar Aksesori Resmi Honda Vario 160 dan Harganya

Hal ini dikarenakan jok motor sport rata-rata memiliki tinggi 80-85 cm. Bila dipaksakan, maka kaki harus jinjit saat motor dalam kondisi berhenti.

Untungnya, beberapa toko aksesori motor menawarkan alat yang diberi nama lowering kit. Alat ini berfungsi mengubah posisi suspensi belakang menjadi lebih rendah, sehingga tinggi motor sedikit berkurang.

Bikin Motor Trail Makin Keren, Modalnya Lumayan Juga

Penggawa toko aksesori MotoTag, Marcell, mengatakan ada dua jenis lowering kit yang tersedia, yakni fixed dan adjustable.

Model fixed terdiri dari beberapa lubang yang bisa dipilih untuk mengatur tinggi motor yang diinginkan. Khusus model adjustable, pengaturannya lebih bervariasi, karena lubangnya dibuat memanjang.

Jangan Asal Pasang Aksesori Sepeda Motor Kalau Gak Mau Celaka

Ia mengatakan, model fixed hanya akan menurunkan ketinggian motor sebanyak 2-3 cm, sementara model adjustable 3-5 cm.

Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung merek dan jenisnya. "Untuk model fixed Rp300-400 ribu, adjustable Rp1,2-1,6 juta," jelas Marcell.

Sebelum mengaplikasikan lowering kit, ada baiknya memeriksa posisi motor terlebih dahulu. "Biasanya, lebih dari 5 cm posisi motor terlalu tegak. Kebanyakan orang hanya bermain di 3 cm,” ujar dia.

Sekadar informasi, beberapa pabrikan motor juga menyediakan aksesori lowering kit ini. Yamaha salah satunya, yang menjual lowering kit untuk R15 dengan harga Rp300 ribu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya