TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Investasi US$3 Juta, UD Truck Bangun Pabrik Perakitan di RI

Pabrik itu seluas 12 ribu meter persegi, terletak di Sunter.
Investasi US$3 Juta, UD Truck Bangun Pabrik Perakitan di RI
Pembukaan pabrik perakitan UD Truk. (VIVA.co.id/Yasin Fadilah)

VIVA.co.id – PT UD Truck Indonesia resmi membuka pabrik perakitan truk model Quester, di Sunter, Jakarta Utara, Selasa 18 Oktober 2016. Pendirian pabrik ini bekerja sama dengan anak perusahaan Astra, PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor.

Valery Muyard, Presiden Direktur UD Truck Indonesia, mengatakan pembukaan fasilitas ini merupakan upaya berkelanjutan terhadap pasar Indonesia setelah peluncuran produk Quester di Indonesia Mining Expo pada 2013 lalu.

"Quester dibangun fokus untuk pasar Asia, khususnya untuk Indonesia, mobil ini memiliki seri truk skala berat yang menekankan pada desain rancang bangun transportasi jarak jauh sehingga bisa melayani berbagai aplikasi industri, termasuk pertambangan, konstruksi serta distribusi," kata Valery di Sunter, Jakarta Utara.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Yan Sibarang Tandiele mengatakan, perakitan UD Truk di indonesia tentu akan menambah capaian kinerja industri otomotif nasional yang akan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

"Pemerintah menaruh harapan besar, perwakilan UD truk akan semakin meningkatkan pendayagunaan produk enginering lokal secara bertahap, sehingga akhirnya bisa mendukung perekonomian Indonesia," kata Yan.

Ia juga berharap perakitan ini akan menjadi role model yang dapat diikuti oleh produsen lain di dalam meningkatkan investasi di Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ary Mariano, mengatakan untuk memenuhi standar dan spesifikasi proses perakitan, Gaya Motor juga menambahkan jumlah tenaga kerja serta investasi peralatan dan permesinan, sehingga dapat menampung perakitan truk Quester ini.

Proses perakitan ini mendulang investasi sekitar US$3 juta yang mengandalkan pabrik perakitan seluas 12 ribu meter persegi, dan pekerja sebanyak 200 orang yang diharapkan mampu merakit sebanyak 200 unit perbulan. Untuk modelnya sendiri, yang akan dirakit di Indonesia yaitu Quester dengan tipe 64R 370 WB 3700, 4300, Quester 64R 280 WB 3700 (mixer), 4300, 5600, 6100, Quester 64T 370, Quester 64T 330, dan Quester 64T 280 serta Quester 42T 280.

PT Tjahja Sakti Motor nantinya akan berperan sebagai importir dan logistic service, sementara itu PT Gaya Motor akan berperan sebagai perakitan kendaraan bermotor di Indonesia.

 

(ren)
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP