Trik Bikin Skutik Ngacir, Lengkap dengan Biayanya

Motor matik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Jika Anda pengguna motor matik Yamaha dengan mesin berkapasitas 110cc dan 125cc seperti Mio J; Xeon; X-Ride dan ingin meningkatkan performa, caranya cukup mudah. Sebab, untuk skutik yang hanya digunakan keperluan sehari-hari, Anda tak perlu sampai mengganti blok piston dan head. Selain biayanya lebih mahal, cara ini rupanya tak dianjurkan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Muktar Yusuf, Kepala Mekanik Ultraspeed mengatakan, cukup mengganti injektor dan Electronic Control Unit (ECU) saja. "Bisa gunakan injektor SRP 135cc dengan titik enam-port untuk Mio J, Xeon RC, X-Ride, dan GT-125. Serta mengganti ECU racing RC Mini plus dengan delapan map," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa, 18 Oktober 2016.

Lantas berapa biaya yang wajib disiapkan? Fredy, penggawa Ultraspeed mengatakan, untuk injektor SRP 135 cc dengan enam-port dibanderol dengan harga Rp600 ribu. Kata dia, banderol itu belum termasuk dengan ongkos pemasangan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Yamaha Mio.

Sementara untuk ECU RC Mini plus switch dibanderol Rp2,6 juta. Ada juga pilihan ECU RC Mini Plus yang bisa diatur sepenuhnya dengan remote dengan banderol Rp3,2 juta. "Jika ganti ECU dan injektor butuh penyetelan ulang dengan dyno test," tutur dia.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022