TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Toyota Manufacturing Segera Cek Mobil Dituduh Bermasalah

Sejumlah konsumen mengeluh transmisi otomatis pada Innova, Fortuner.
Toyota Manufacturing Segera Cek Mobil Dituduh Bermasalah
Interior Toyota All New Kijang Innova. (Dok: Toyota Astra Motor)

VIVA.co.id – Produsen mobil Toyota di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, akan segera melakukan pengecekan terhadap dua produk andalannya, Innova dan Fortuner. Ini menyusul keluhan sejumlah konsumen pada sistem transmisi mobil itu.

“Toyota akan berusaha dengan tangan terbuka memperbaiki semua keluhan dari konsumen,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono di Jakarta.

Saat ini dia belum bisa membeberkan akar masalah yang dikeluhkan beberapa konsumen. Perusahaan masih merundingkan dengan pemegang merek Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor.

“Sebenarnya kalau soal kualitas, Toyota Motor Corporation sangat perhatian,” ujar Warih. 

Sebelumnya diberitakan, beberapa pengguna All New Kijang dan All New Fortuner mengeluhkan masalah transmisi dan turbo pada kendaraan mereka. Charles Santoso pemilik All New Kijang Innova Diesel 2.4 V/AT, mengatakan, pada kondisi dan kecepatan tertentu timbul getaran pada mobilnya.

"Saat berakselerasi di tanjakan daerah puncak terdengar bunyi aneh seperti metal yang bergesekan atau suara 'srek' yang cukup panjang," katanya kepada VIVA.co.id.

Ia mengatakan, untuk transmisi juga dirasa ada keluhan. "Transmisi pada posisi P mau ke netral kadang keras saat perpindahannya. Tapi saat itu pihak TAM bilang normal karena ada lock-nya," katanya

Selain itu, Charles juga menemukan masalah pada sistem hiburan dalam kabin. "Head unit selalu error. Sampai empat kali penggantian dengan tipe yang sama. Tapi sudah teratasi dengan penggantian ke tipe Q," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Adit Widiutomo pemilik All New Kijang Innova Diesel G/AT. "Saya rasakan getaran di bagian kopelnya. Dan kalau getaran itu dirasa pas jalan 70-80 kilometer per jam, terus turun gigi langsung getar," ujar drifter nasional ini.

Karena permasalahan inilah, beberapa pengguna Innova dan Fortuner sempat menggelar pertemuan pada Sabtu 8 Oktober. Mereka akhirnya membentuk forum yang disebut All New Kijang Innova dan All New Fortuner Sharing di media sosial untuk merangkul orang-orang yang juga memiliki masalah yang sama.

Toyota Astra Motor sendiri mengaku baru mengetahui masalah ini setelah mendapat masukan dari komunitas Toyota Fortuner Club Indonesia dan Innova Community. Sebagai bentuk tanggung jawabnya, TAM langsung menggelar pertemuan di Midtown, SCBD, Sudirman, Jakarta, Rabu, 12 Oktober.

Public Relation Manager TAM Rouli Sijabat yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, pertemuan digelar untuk mencari solusi dari keluhan-keluhan yang dirasakan beberapa konsumen setianya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP