TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Renault Kwid di Bawah Rp100 Jutaan Juga Bakal ke RI?

Kwid 800cc di India dijual dengan harga Rp63 jutaan.
Renault Kwid di Bawah Rp100 Jutaan Juga Bakal ke RI?
Renault Kwid. (Cardekho)

VIVA.co.id – Renault Kwid, mobil dengan banderol murah akhirnya secara resmi mendarat di Indonesia. Mobil tersebut dijual PT Auto Euro Indonesia, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Renault di Tanah Air dengan banderol Rp117,7 juta on the road Jakarta. Peluncuran dilakukan di Grand Atrium, Kota Kasablanka, Jakarta.

Diketahui, Kwid datang dengan mengusung mesin berkapasitas 1.000cc. Sementara di tempat asal produksinya, India, Kwid juga memiliki tipe terendah yang dibekali mesin berkapasitas 800cc. 

Quicy Govin, Head of Product Strategy ASEAN Renault mengatakan, mesin 1.000cc dikatakan lebih cocok dengan Indonesia ketimbang mesin 800cc. Lantas, akankah Kwid bermesin 800cc akan juga dihadirkan di Tanah Air?

"Kita lihat saja nanti," ujarnya.

Ia mengatakan, kemungkinan edisi 800cc hadir di Indonesia tergantung dari sambutan pasar terhadap Kwid 1.000cc. Artinya, apabila Kwid 1.000cc saat ini dijual di Indonesia dengan banderol Rp117 jutaan, banderol Kwid 800cc akan dijual dengan harga di bawah Rp100 jutaan. Di India sendiri, Kwid 800cc dijual dengan harga Rp63 jutaan.

Renault Kwid

"Jika sambutannya baik, maka ada kemungkinan mesin lebih kecil akan dimasukan untuk memberikan pilihan pada konsumen," ujarnya menambahkan.

Interior Renault Kwid.

Diketahui, baru-baru ini Renault melakukan recall atau penarikan massal pada Kwid lantaran bermasalah pada bagian suplai bahan bakarnya. Namun, yang bermasalah dikatakan yang edisi 800cc. "Saya rasa itu tidak akan terjadi pada produk yang diperkenalkan hari ini. Mesin 1.000cc ini tidak akan mengalami masalah, dan recall itu hanya terjadi pada mesin 800cc saja," kata dia.

Interior Renault Kwid.

Sebagai catatan, dapur pacu yang dibenamkan pada Kwid yakni mesin tiga silinder 1.000cc, yang didukung transmisi manual lima-percepatan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 68 horse power pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 91 newton meter pada 4.250 rpm.

Kwid sedianya akan didatangkan dari India. Meski harga setara Low Cost and Green Car (LCGC), namun mobil ini berstatus impor utuh.

(mus)
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP