Toyota Akui Calya Gerus Pasar Avanza

Toyota Calya di Jalanan Bandung
Sumber :
  • Dok. TAM

VIVA.co.id – Pamor mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-September 2016, penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) produk LCGC mencapai 159.001 unit.

Dua pendatang baru di kelas LCGC, yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, menjadi favorit konsumen saat ini.

Hybrid Car Incentive Can Be Beneficial for Consumers, Toyota Says

Namun, keberadaan LCGC terbaru milik Toyota ternyata berdampak pada penurunan penjualan mobil jenis low multi purpose vehicle (MPV). Hal itu diakui oleh Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Hendry Tanoto.

"SPK (surat pemesanan kendaraan) sudah 35 ribu. Dampak ke low MPV ada. Kami enggak bilang enggak ada (dampak). Tapi, mungkin dampaknya enggak signifikan. Kalau menurut kami, sekitar 15-20 persen maksimum dampaknya," kata Hendry saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu 22 Oktober 2016.

Toyota Rencanakan Varian Hybrid untuk Seluruh Model Mobil

Ia menjelaskan, adanya mobil LCGC berkapasitas tujuh penumpang merupakan salah satu komitmen Toyota untuk selalu menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

"Kembali kepada kebutuhan pelanggannya. Ada yang masih butuh Avanza, ada yang lebih cocok ke Calya," ujarnya. (asp)

Ilustrasi diler mobil Toyota

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Sebuah platform online, PT Astra Auto Digital atau SEVA siap memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemukan mobil baru pilihan mereka dengan harga yang bisa disesua

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024