Tips Hemat Bahan Bakar di Jalanan Macet, Perlu Tahu

Ilustrasi macet di Jakarta usai diguyur hujan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Borosnya bahan bakar sebuah kendaraan bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya kondisi jalanan yang macet seperti ibu kota Jakarta ini. Nah, berikut ini tips untuk lebih hemat bahan bakar jika terjebak dalam kemacetan. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Tips diberikan oleh Instruktur Technical Service Training PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ichsan Adi Permana. Ia memberikan tips bagaimana menghemat bahan bakar pada mobil saat kondisi jalanan macet.

Dia mengatakan, atur putaran mesin dengan tepat saat mulai menjalankan kendaraan serta sesuaikan gigi kecepatan. Jaga jarak dengan kendaraan di depan bila jarak terlalu dekat sedangkan jalanan macet.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Sebab ketika kita sedikit maju dan sedikit ngerem, laju mobil yang sudah kita ciptakan akan terbuang sehingga ada pembakaran yang sia-sia," kata Ichsan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 24 Oktober 2016.

Ichsan mengungkapkan, pemborosan bensin juga bisa terjadi saat memacu mobil dengan memberikan tekanan pedal gas agak mendalam untuk mengejar mobil yang berada di depan lalu melakukan rem mendadak. "Lebih baik menyesuaikan putaran mesin dan melaju secara bertahap," ujar dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia menyarankan para pemilik kendaraan roda empat mengurangi suhu pengaturan air condition atau AC sehingga kompresor AC yang sejatinya membebani mesin tidak terlalu sering hidup. "Atau matikan AC dan manfaatkan udara sehabis hujan. Jangan boros pakai AC," ungkapnya.

Ichsan melanjutkan, pemilik kendaraan disarankan tidak terlalu banyak menghidupkan piranti kelistrikan jika tidak terlalu dibutuhkan. Pasalnya, beberapa model mobil memang dirancang agar menaikan putaran idle mesin saat ada kenaikan beban listrik.

"Sedangkan kita tahu macet identik dengan mesin idle. Sebaiknya manfaatkan penuh engine brake untuk pengereman dikombinasikan dengan penekanan pedal yang pas agar tidak terlalu banyak tenaga mesin yang terbuang sia-sia," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya