Ini Harga Yamaha R6 Edisi 2017

Yamaha R6 2017.
Sumber :
  • SportRider

VIVA.co.id – Setelah lama dinanti, Yamaha baru-baru ini akhirnya merilis YZF-R6 dengan sejumlah penyempurnaan. Yamaha merilis secara perdana R6, 2017, pada ajang AIM --American International Motorcycle-- Expo, di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Sebelumnya, publik mengira jika Yamaha akan memanfaatkan ajang Intermot awal Oktober untuk merilis R6 2017, namun ternyata tidak demikian.

Yamaha Rilis R6 Terbaru, Sayang Cuma Bisa Dipakai di Sirkuit

Dilansir SportRider, Senin 24 Oktober 2016, wujud YZF-R6 terbaru tampak sangat mirip dengan sang kakak, Yamaha R1. Tak hanya dari sisi mesin 600cc yang makin beringas, namun juga bahasa desain R-series yang kian matang.

Karena bahasa desain yang mirip dengan R1, Yamaha mengklaim jika efisiensi keaerodinamisan R6 terbaru telah meningkat sebesar delapan persen. Peningkatan yang signifikan ini diklaim merupakan langkah pertama perusahaan membuat sepeda motor produksi massal namun paling aerodinamis.

Motor Baru Yamaha 150cc Meluncur Pekan Depan

Bicara desain, cowl depan dan winshield tampak mendapatkan sentuhan ulang. Banyak lekukan garis pada motor ini, namun bukan hanya pembentuk karakter sangar, namun juga selaras dengan aliran udara yang pada akhirnya meningkatkan aerodinamika motor.

Untuk urusan dapur pacu, R6 2017 mempercayakan mesin DOHC 600cc, segaris, 4-silinder, 4-stroke, fuel injection yang sudah dilengkapi teknologi forged piston. Mesin itu kemudian dikawinkan dengan transmisi enam-percepatan.

Meski sama dalam hal urusan mesin dengan edisi sebelumnya, namun mesin kali ini sudah menggunakan titanium di inlet dan katup exhaust serta menggunakan penutup dan blok mesin berbahan magnesium. Hasilnya, bobot keseluruhan motor menjadi 190 kilogram.

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Bobot kendaraan juga turun berkat pengaplikasian aluminium di rangka delta box dan lengan ayun. Selain itu, bahan magnesium pada sub-frame bagian belakang dan tangki bahan bakar berbahan aluminium juga berkontribusi mengurangi bobot R6 terbaru.

Di sektor suspensi, R6 2017 telah mengadopsi shockbreaker up side down berukuran 43 milimeter. Ukuran ini tentu lebih kecil dari suspensi sebelumnya yang hanya 41 mm. YZF-R6 2017 juga sudah tertanam perangkat pengereman ABS dan kontrol traksi serta Quick Shift System (QSS).

Yamaha R6 2017.

Yamaha mengklaim, penyegaran ini merupakan langkah besar mereka yang dibenamkan pada R6 generasi terbaru sejak sembilan tahun belakangan. Untuk memanjakan konsumen, Yamaha merilis tiga pilihan warna pada R6 2017, yakni Matte Black, Team Yamaha Blue, dan Intensity White/Matte Silver.

Soal harga, motor yang akan mulai didistribusikan ke seluruh dunia pada Maret 2017 ini dibanderol US$12,199 atau setara Rp159 juta. Namun, tentu harga final di masing-masign negara bakal berbeda sesuai dengan kebijakan dan pajak yang berlaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya