Perkenalkan, Alat Lacak dan Matikan Mesin Motor dari Ponsel

Perangkat T-Bike.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Maraknya kasus pencurian sepeda motor di Tanah Air tentu membuat para pemilik kendaraan wajib mawas diri. Cara yang bisa diterapkan meminimalisir kasus pencurian, yakni melengkapi kendaraan melalui berbagai perangkat keamanan.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Terbaru, kini ada perangkat canggih yang bisa dilirik, namanya T-Bike. Perangkat keamanan berbayar ini memungkinkan pemilik sepeda motor bisa mematikan mesin dari jarak jauh, termasuk melakukan pelacakan hanya dari telepon seluler (ponsel) dan hanya menggunakan data GPS.

T-Bike merupakan GPS tracker yang dirilis perusahaan operator seluler raksasa Tanah Air, Telkomsel, yang kini menggandeng PT Astra Otoparts untuk jaringan penjualannya, Shop & Bike.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Menurut General Manager (GM) M2M Sales Telkomsel, Erick Noviantoro, pengguna T-Bike nantinya akan dikenakan biaya berlangganan Rp749 ribu per tahun. Perangkat ini dikatakan dapat memonitor, memandu alamat, hingga bisa menyampaikan data kecepatan dan area berkendara yang tengah dilalui motor yang menggunakannya.

Pengoperasiannya pun dikatakan cukup mudah. Proses pemasangan T-Bike GPS Tracker ke ponsel hanya membutuhkan waktu tujuh menit. Aplikasi T-Bike sendiri bisa diunduh melalu Google Play Store ke ponsel berbasis Android dan iOS. Selain mengunduh aplikasinya, dibutuhkan pemasangan instalasi, namun dilakukan dengan cepat tanpa perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan diklaim tidak bakal menguras baterai kendaraan.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Erick berharap ke depan perangkat ini bakal menjadi pilihan masyarakat dan dapat mudah ditemukan melalui jaringan Shop & Bike milik Astra Otoparts. "Kami berharap banyak melalui dukungan titik outlet Shop & Bike yang sudah tersebar di sejumlah wilayah serta jaminan mekanik yang berkualitas," kata Erick usai penandatanganan kerja sama di Shop & Bike Ciledug, Tangerang, Selasa 25 Oktober 2016.

Pelacak sepeda motor T-Bike

Sementara itu, Retail Division Head Astra Otoparts, Indra Nugraha Wisuda, mengatakan, kerja sama ini dilakukan karena melihat potensi besar terhadap kebutuhan alat keamanan dari ancaman pencurian. "Dengan kerja sama ini, kami komitmen untuk terus menyediakan layanan dan produk yang bermanfaat dan berkualitas tinggi untuk pelanggan kami," ucapnya.

Namun demikian, dikatakan, untuk saat ini produk T-Bike baru bisa dibeli di delapan outlet Shop & Bike yang terletak di Ciledug, Tangerang Selatan, serta beberapa wilayah di Jakarta-Depok-Tangerang dan Bekasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya