Berencana Cat Ulang Vespa? Berikut Biayanya

Pengecatan ulang Vespa klasik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Istilah reparasi bodi dan pengecatan ulang sepertinya akrab di kalangan para pencinta motor Vespa, baik edisi klasik dan modern. Sebab, untuk motor Vespa, mempermanis bodi tak hanya per bagian saja, seperti halnya sepeda motor jenis lainnya. Lantaran bodinya utuh satu paket mulai dari depan hingga ke buritan.

Piaggio Sediakan Promo Servis Motor dan Suku Cadang selama Libur Lebaran

Lantas, berapa sebenarnya biaya yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pengecatan dan reparasi sebuah motor Vespa?

Yudha Ariftian, pemilik OS Vintage Autoservice, di Jakarta, mengatakan, biaya untuk repair bodi atau restorasi total tergantung dari bahan pernis dan jenis cat yang digunakan. "Estimasi biaya untuk Vespa modern dengan bahan Blinken kalau hanya full body saja Rp2,5 juta. Jika berikut kaki-kaki seperti pelek, standar, forg dan perintilan lain-lain Rp3 juta," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 25 Oktober 2016.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Ia mengatakan, jika konsumen ingin hasil yang lebih bagus, bisa memilih menggunakan pernis dan cat Spicehecker. Kata dia, estimasi biayanya sekira Rp4,5 juta full body. Sementara jika ditambah mempermanis kaki-kaki menjadi Rp5 juta.

Sedangkan Vespa klasik, biaya cat full body dibanderol Rp3 juta dengan pernis Blinken. Biaya tersebut di luar jasa pengelasan. "Kalau klasik umum ada saja yang dilas, untuk biaya pengelasan baru bisa dipatok harga kalau sudah dipereteli, baru keliatan," tutur dia.

Aksi Nekat Pengendara Motor Ini Bikin Warganet Heran

Dia menggambarkan, untuk estimasi biaya pengelasan paling mahal itu sebesar Rp1 juta, meliputi mengganti dek, keropos di tulang belakang, bodi depan, buntut belakang, dan lainnya. Sementara bila hanya pengelasan kecil, cuma dibanderol Rp100 ribu dan seterusnya.

Bengkel Vespa

"Jadi kalau tanpa pengelasan paket Blinken Rp3 juta sudah berikut kaki-kaki untuk Vespa klasik. Kalau paket Spicehecker Rp5 juta full body dan kaki-kaki," tuturnya.

"Proses pengeringan kita menggunakan lampu tembak, jadi di ruangan tidak di out door. Waktu pengerjaan Vespa klasik satu unit tiga minggu sampai satu bulan. Sementara Vespa modern satu sampai dua minggu, paling telat tiga minggu."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya