Arti Lampu Indikator Berkedip pada Motor Injeksi

Kedipan motor injeksi.
Sumber :
  • Pertamax7

VIVA.co.id – Pada umumnya ritual yang kerap dilakukan para pemilik sepeda motor di pagi hari sebelum mulai beraktivitas adalah memanaskan mesin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pelumas atau oli dapat tersebar ke seluruh bagian mesin.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pada motor injeksi, saat memutar kunci kontak akan terlihat lampu indikator malfunction indicator lamp (MIL) menyala sesaat. Setelah itu, lampu akan mati. Lampu MIL menyala untuk mendeteksi apakah ada kerusakan pada sistem injeksi. Jika langsung padam, artinya motor tak mengalami masalah.

Sementara, jika ada kedipan pada lampu MIL, artinya ada kerusakan pada motor Anda yang dibaca sensor-sensor injeksi. Demikian dilansir situs resmi Honda, Rabu 26 Oktober 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jumlah kedipan MIL bervariasi, tergantung sensor kedipan mana yang mengalami kerusakan. Untuk memperbaiki atau sekadar mendeteksi, bisa dibawa ke bengkel resmi, lantaran mereka yang memiliki alat lengkap berupa scanner atau diagnostic tools.

Kedipan bisa berjumlah sedikit atau banyak. Namun pada umumnya, mekanik sepeda motor dari pabrikan sudah tahu, jika jumlah kedipan satu hingga kedipan puluhan kali sekalipun memiliki masalah yang berbeda-beda.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Misal, angka kedipan 28 merupakan kode kerusakan dari sensor suhu mesin (engine temperature sensor), bisa dikatakan ada masalah pada sensor tersebut, entah coupler yang rusak, atau terjadi hubungan pendek pada kabel penghubung sensor, atau bisa juga sensornya sendiri yang rusak. Intinya dari lampu tersebut menunjukkan sensor suhu mesin mengalami masalah, dan harus dilakukan pemeriksaan dan pengukuran pada komponen lebih lanjut.

(mus)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022