Biaya Cat Ulang Mobil di Diler Resmi

Proses pengecatan ulang mobil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Mitsubishi Indonesia kini memiliki fasilitas perbaikan dan pengecatan bodi mobil yang terdapat di diler PT Wicaksana Berlian Motor, Bandung Jawa Barat. Sejumlah media termasuk VIVA.co.id diberi kesempatan untuk melihat proses perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan di diler tersebut, Kamis 27 Oktober 2016.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Adapun proses yang dilakukan, pertama, yakni pengecekan tingkat kerusakan pada mobil untuk diketahui estimasi waktu pengerjaan. "Kalau kerusakan ringan waktu pengerjaan bisa sampai satu sampai tiga hari, kerusakan sedang tiga sampai 10 hari, sementara kerusakan besar atau parah lebih dari dua minggu bisa sampai satu bulan," kata Head of Mitsubishi Motors Corporation Service Business Planning Section PT KTB, Arie Wibowo.

Setelah selesai dicek, mobil masuk ke area perbaikan. Di sana mekanik akan melakukan pembetulan chasis dan pelepasan suku cadang dan penyimpanan suku cadang yang dilepas di gudang. "Setelah diperbaiki, mobil masuk ke area dempul, area yang mau dicat akan didempul terlebih dahulu, menggunakan metode dry sanding untuk pengamplasan dan menggunakan infra red untuk proses pengeringan dempul," ungkapnya.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Setelah dari area dempul, mobil akan masuk ke area masking. Di area masking, bagian mobil yang tidak dicat ditutup. Setelah itu, persiapan pengecatan dengan pencampuran cat untuk membuat warna yang sesuai dengan aslinya.

"Masuk ke pengecatan di spray booth, ada tiga proses yaitu pengecatan surface atau dasar, pengecatan topcoat dan pengecatan clear coating. Di spray booth akan didiamkan sampai cat kering kurang lebih 20-30 menit," ungkapnya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Lalu proses terakhir setelah cat kering, mobil masuk dalam tahap pemolesan dan pemeriksaan akhir. "Mobil masuk ke ruang oven untuk proses finishing lalu memeriksa hasil cat. Warna baru dan lama harus sama," katanya.

Bengkel bodi dan cat Mitsubishi

Menurut Dadang, Service Manager PT Wicaksana Berlian Motor, untuk perbaikan dan pengecatan mobil per panel dikenakan biaya sekira Rp700 ribu. Besaran itu mengikuti standar pabrikan. "Per panel kita ngikutin standar Mitsubishi, rata-rata Rp700 ribuan. Kita lagi menghitung tapi standarnya sekitaran harga itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya