Jangan Sepelekan Tutup Tangki Bensin, Jarang yang Tahu

Tutup tangki bensin
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Penyebab motor ngadat memang beragam. Mulai dari masalah pada busi yang sudah kotor hingga karena memang bensin habis. Tapi rupanya, motor ngadat juga bisa disebabkan dari tutup tangki bensin. Kok bisa?

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ya, Bimo, mekanik Baru Motor Sport mengatakan, penyebab motor ngadat itu intinya ada masalah di pengapian dan juga karena asupan bensin yang tidak merata. Kata dia, masalah sepele yang terjadi ketika motor ngadat dan jarang diketahui orang yakni lubang pada tutup tangki yang sudah kotor.

"Fungsi lubang tutup tangki itu untuk hawa udara di dalam tangki, kalau sampai rapet karena kotoran otomatis jadi kedap. Dan bensin tidak turun maksimal," katanya kepada VIVA.co.id, Kamis 27 Oktober 2016.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ia mengatakan, meskipun tangki dalam kondisi bersih, begitu juga dengan selang dan keran bensin, tapi jika tutup tangki kotor juga bisa membuat aliran bensin terganggu.

"Kalau tidak ada lubang juga ada bahaya lainnya. Bisa saja hawa panas yang terlalu berlebihan di dalam tangki itu akan berpotensi membuat tangki meledak," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022