Motor Anda Tiba-tiba Mogok, Lakukan Hal Ini

Servis motor Honda.
Sumber :
  • Dok: Astra Motor

VIVA.co.id – Bagi sebagian pemilik sepeda motor tentu pernah mengalami kejadian motornya secara tiba-tiba mogok. Ada juga yang sulit dihidupkan saat akan digunakan. Lantas apa penyebabnya dan apa yang harus Anda lakukan?

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Mekanik bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Stanley, mengungkapkan bahwa mesin tak mau dihidupkan bisa jadi karena hilangnya kompresi. Salah satu elemen penting untuk menyalakan mesin motor adalah kompresi.

"Biasanya ruang bakar terlampau basah dan ada kotoran, jadi dia nyangkut dekat payung klep. Makanya motor jadi kehilangan kompresi," kata Stanley kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 28 Oktober 2016.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurut dia, jika menemukan situasi seperti itu yang harus dilakukan adalah melepas busi, setelah itu tutup lubang busi dengan menggunakan tangan kemudian mainkan engkol atau kick starter.

"Buka busi, masukkan oli ke ruang busi. Habis itu, engkol sambil ruang bakar ditutup pakai jempol atau busi bekas, diengkol sekitar 10 menit sampai diengkol terasa berat. Kalau diengkol lost (hilang), itu kompresinya masih bocor," lanjut Stanley.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Hilang kompresi umumnya terjadi pada motor jenis skuter matik alasannya putaran mesin pada matik tergantung di gas. Untuk mencegah motor hilang kompresi, dia menyarankan pemilik kendaraan untuk rutin mengganti busi berdasarkan kilometer.

"Berkendaranya harus variatif, jangan 20-30 km/jam saja, sama motor mati jangan terus dihajar starter. Gunakan engkol, tunggu sampai 5-10 menit," kata Stanley.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya