Cara agar Head Unit Tidak Rusak

Paket audio mobil yang dijual di Kemayoran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Para mobil-mobil saat ini, head unit atau pusat sistem audio pada mobil, rata-rata sudah dibekali sistem hiburan DVD, MP4, dan USB. Sebab, fitur-fitur ini dibutuhkan agar pengemudi tidak bosan berada lama di dalam mobil.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun peranti ini tidak ada perawatan khusus, penggunaannya pun harus benar jika ingin tetap awet. Bagaimana caranya?

Imam, pemilik Bahari Teknik, tempat servis khusus audio di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan tidak ada perawatan khusus head unit. Kerusakan yang timbul, kata dia, lantaran penggunaan yang sembarangan. 

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

"Yang biasa rusak pada head unit after market atau standar pabrik itu optik, penggunaan CD bajakan membuat optik kerja lebih maksimal dan cepat panas," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu, 30 Oktober 2016.

Menurut dia, lebih baik gunakan CD atau kaset orisinal agar optik tidak cepat rusak. Selain optik, kerusakan juga terjadi pada mekanikal tempat keluar masuknya kaset.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Jika sedang di perjalanan, kata dia, terkadang kaset dimasukkan dengan didorong terlalu keras. "Cara itu tidak bagus karena mekanikal tempat kaset hanya diatur gear dan kabel," ujarnya.

Bukan hanya itu, songket USB pun kerap rusak jika penggunaan yang tidak benar. "Jangan sering pasang cabut karena bisa kendur kalau sudah begitu saat USB dipasang akan tidak terbaca," ujarnya.
 

Booth Pioneer di IIMS 2023

Promo Sistem Hiburan Mobil di IIMS 2023, Harga Paket Pioneer Cuma Segini

Pioneer menjadi salah satu jenama yang sudah terkenal di kalangan pecinta otomotif. Terlebih head unit, hingga speaker buatan Jepang kini menawarkan promo di IIMS 2023.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2023