Perawatan Mobil Lawas Tak Selalu Lebih Mahal

Mobil Jadul di IIMS 2016.
Sumber :
  • Dian Tami / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Jika Anda mengira perawatan bodi mobil lawas lebih mahal dibanding mobil terbaru ternyata tak sepenuhnya benar. Untuk beberapa hal, justru perawatan mobil lawas justru jauh lebih murah dari pada mobil baru.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Jana Saputra, owner JPM Auto Detailing di WTC Mangga Dua, mengatakan, mobil zaman dulu itu catnya lebih keras jadi perawatannya enggak rutin seperti mobil baru. Ia mengatakan, perawatan yang dimaksud itu poles menggunakan wax setelah mencuci mobil dan itu hanya dilakukan sebulan sekali sudah cukup agar cat tetap mengkilap.

"Mobil zaman dulu itu potensi bodi berjamur juga lebih minim dibanding sekarang. Kalau mobil tahun 2000-an teknik pencucian yang salah saja bisa menimbulkan baret halus," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu 30 Oktober 2016.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Ia menambahkan, mana ada dulu salon perawatan mobil yang menawarkan coating, kan hanya sekarang saja. "Teknik coating itu sebagai pelindung jamur dari bercak air," tuturnya.

Menurutnya, untuk mobil zaman sekarang jika ingin bodi tetap mengkilap dan tidak berjamur lebih baik lakukan pemolesan dengan wax setelah mencuci mobil sebulan tiga kali.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Kalau wax tidak menggunakan mesin hanya menggunakan kain micro fiber, jadi tidak membuat cat tipis. Fungsinya agar mengkilap dan melindungi mobil dari jamur bercak air selama satu mingguan," katanya.

Ia mengatakan, kalau coating itu sudah teknik tertinggi karena menggunakan cairan khusus yang dapat melindungi bodi mobil agar tetap mengkilap tanpa bercak jamur mencapai berbulan-bulan.

"Harganya lebih mahal kalau coating Rp2 juta sampai Rp3jutaan. Kalau poles wax hanya Rp150 ribu sampai Rp300 ribu, dilakukan di rumah juga," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya