'Surga' Berburu Spion Copotan Mobil, Bisa Beli Sebelah Saja

Ilustrasi kaca spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Jika Anda ingin mengubah tampilan eksterior mobil agar terlihat lebih mewah namun dengan harga yang lebih terjangkau salah satunya dapat dengan cara membeli spion copotan. Nah, tempat ini dikenal sebagai surga spion copotan.

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Anda dapat mendatangi M2M di MGK Kemayoran. Menurut sang owner, Fajar, hampir semua spion jenis mobil mulai dari Toyota, Honda, Mitsubishi dan lain-lain ada di sini. Kata dia, kalau Eropa sedikit terbatas karena memang jarang peminatnya.

"Biasanya orang ke sini untuk modifikasi dari yang manual atau tipe terendah jadi spion lipet otomatis atau tipe tertinggi. Untuk waktu pengerjaannya hanya dua jam," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Ia mencontohkan, seperti halnya pemilik Kijang Innova tipe G, spion bawaan pabriknya krom dan diubah menggunakan tipe V dengan cat ulang agar sama dengan warna bodi. "Harga spion Innova tipe V tahun 2014 sudah termasuk cat dan pemasangan saya kasih Rp2,5 juta," katanya.

Ia mengatakan, untuk spion mobil keluaran terbaru juga ada seperti Mobilio tipe tertinggi tahun 2016 harganya Rp3 juta sepasang, kalau Mobilio tipe terendah tahun 2015 Rp1,6 juta.

Garansi Motor Hangus Jika Kaca Spion Dilepas

Begitu juga dengan spion Honda HR-V lansiran 2015 dibanderol Rp3 juta sepasang yang sudah ritack (lipat). Kata dia, Honda Jazz RS dan Jazz lama dari tahun 2012-2015 juga tersedia.

"Kalau spion Jazz RS otomatis 2015 sudah dilengkapi lampu sein harganya Rp2,6 juta sudah termasuk ongkos pemasangan. Yang tipe lama hanya Rp2 juta dan itu belum otomatis," katanya.

Sementara sekelas Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Daihatsu New Xenia tahun 2012 ke atas satu set dibanderol hanya Rp1,5 juta sudah ada lampu sein. Untuk Yaris 2015, satu set Rp2,6 juta sudah ada lampu sein.

"Saya juga menjual spion tidak hanya sepasang saja, kalau beli satu atau sebelah saja juga bisa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya