Menghitung Pendapatan Negara dari Pajak Sepeda Motor

Ratusan pemudik bersepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Kendaraan roda dua masih menjadi alat transportasi favorit di Tanah Air. Populasinya terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena mudahnya masyarakat memiliki sepeda motor, tentunya disokong berbagai program pabrikan dan perusahaan pembiayaan.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Dengan populasinya yang terus meningkat, sebenarnya berapa pendapatan negara dari pajak sepeda motor? 

"Pendapatan terbesar itu masih dari tembakau. Untuk industri sepeda motor masuk lima besar," kata Ketua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia, Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Rabu 2 November 2016.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Untuk tahun ini, Gunadi mengungkapkan target penjualan sepeda motor diharapkan mampu mencapai 6 juta unit. Sehingga pendapatan negara dari pajak sepeda motor dapat mencapai Rp27 triliun.

"Kalau penjualan itu 6 juta unit, total pasar kita itu Rp90 triliun. Pendapatan negara dari pajak sepeda motor ya sekitar Rp27 triliun," ujarnya.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Selain itu, Gunadi mengatakan, penjualan sepeda motor nasional mulai Januari sampai September 2016, telah mencapai 4,56 juta unit. "Sampai akhir tahun kemungkinan bisa 6 juta unit."

(mus)

Via Vallen.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Meski tengah dilanda berita ini, Via Vallen tampaknya tak terlalu mempermasalahkan dan terlihat santai mengunggah story di sosial media Instagram.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024