Menperin Airlangga Harap Standar Euro4 Cepat Diterapkan

Uji emisi kendaraan.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Berbeda dengan mobil, industri sepeda motor di Indonesia hampir sudah seluruhnya menerapkan standar emisi Euro3. Tak puas dengan itu, Kementerian Perindustrian rencananya akan meningkatkan standar emisinya untuk lebih tinggi lagi.

Penerapan Standar Euro 4 untuk Mobil Diesel, Diundur 1 Tahun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, untuk mendukung penerapan standar emisi Euro yang lebih tinggi, pemerintah terus mendorong Pertamina agar sesegera mungkin menyiapkan kilang khusus. 

"Tentu semakin cepat Euro4 semakin baik. Pertamina kan mengatakan sedang mempersiapkan fasilitas kilangnya untuk Euro4 dan standarnya lebih bagus," katanya di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu 2 November 2016.

Bus Canggih Euro IV Mercy Siap Masuk Indonesia, Kapan?

Airlangga menuturkan, apabila diterapkan menjadi Euro4, nantinya industri Tanah Air akan bisa bersaing untuk melebarkan sayap di pasar global. "Sekarang yang Euro2 sudah tidak ada, Euro3 jarang, jadi dengan Euro4 dapat memudahkan ekspor. Untuk mendorong ekspor, salah satu yang didorong pemerintah adalah dari segi bahan bakar," ujarnya.

Sementara itu, ditanya soal persiapan Pertamina yang baru siap mengoperasikan kilang Euro4 pada 2023. Ia mengatakan tentunya akan melakukan impor terlebih dahulu. "Sekarang kita masih impor BBM, nantinya akan ada upgrade kilang dan pembagian dari impor BBM," tutur dia.

Hadapi Euro 4, Suzuki Tak Hanya Siapkan Mobil
Isuzu Panther LV.

Ada Kabar Baik untuk Penggemar Isuzu Panther

Mobil ini akan terus dijual karena Euro 4 belum berlaku

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2020