Membedah Pembuatan Honda CBR250RR di Karawang

Honda CBR250RR
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah wartawan melihat proses produksi motor terbarunya, Honda CBR250RR, di pabrik AHM Karawang, Jawa Barat, Kamis 3 November 2016. Motor yang diluncurkan belum lama ini memang baru membuka selubung produksinya.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

David Budiono, Production, Enginering Procurement Director PT AHM, mengatakan, dalam satu hari pabrik yang memiliki luas 80 hektare lebih itu mampu memproduksi 80 unit motor CBR250RR.

"Itu dibuatnya di plant 5 yang khusus membuat Motorsport seperti CBR250RR dan tipe tertinggi lainnya. Sehingga dalam waktu satu tahun volume produksi bisa sampai 20 ribu atau 22 ribu unit," katanya di Karawang, Kamis 3 November 2016.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Ia mengungkapkan, hampir sepenuhnya proses produksi di pabriknya itu menggunakan tenaga robot dan sisanya manusia. "Untuk line produksinya, kami khususkan diproduksi khusus hanya untuk model ini, termasuk model sport lainnya yang kami tempatkan produksi model ini kami ambil di line khusus," ujarnya.

Sementara itu, untuk masalah mesin, AHM pertama kali memproduksi engine Motorsport. Di mana pada bagian kerangkanya menggunakan bahan metal.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

"Nah, karena tadi kan framenya metal, maka sensitif terhadap kontaminasi dan kotoran asing. Itu kenapa engine kami diproduksi harus steril dan bersih supaya tidak kontaminasi, ruangannya pun khusus," tuturnya.

Makanya, ia menjamin kualitas CBR250RR yang dibuat di domestik itu memiliki jaminan dan kualitas yang berlapis. "Nah ini bedanya, CBR250RR penjaminan kualitasnya berlapis dan dibuat dengan tingkat presisi tinggi," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022