TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kecanggihan Mobil Ini Menanti Presiden Baru AS

Mobil tersebut bahkan bisa tahan serangan roket.
Kecanggihan Mobil Ini Menanti Presiden Baru AS
Mobil Presiden Obama di Lanud Halim Perdanakusum (VIVAnews/Nur Farida Ahniar)

VIVA.co.id – Amerika Serikat mengadakan Pemilihan Umum 8 November ini. Siapa pun yang terpilih, Hillary Clinton atau Donald Trump, berhak menerima sejumlah fasilitas. Termasuk mobil kelas mewah dengan tingkat keamanan supertinggi.

Sebenarnya, setiap kepala negara di berbagai penjuru dunia selalu dibekali kendaraan dinas selama bertugas. Mobil-mobil yang digunakan para kepala negara beragam, ada yang sangat mewah dan ada pula yang biasa-biasa saja. Cuma keamanannya yang sangat ditonjolkan.

Untuk mengurangi risiko buruk selama menjalankan tugas, berbagai cara telah dilakukan pemerintah Amerika Serikat untuk melindungi sang presiden. Bahkan, melalui Secret Service AS, mereka juga membuat sebuah mobil khusus yang digunakan sebagai alat transportasi presiden saat berdinas ke berbagai wilayah.

Selama ini, Cadillac merupakan merek mobil yang identik dengan mobil-mobil mewah yang dibuat di Amerika Serikat. Namun perusahaan mobil ini juga memiliki reputasi baik karena sering dipercaya Secret Service AS untuk membuat mobil kepresidenan.

Bicara fakta, tentunya mobil yang digunakan sang pemimpin harus memiliki kriteria wajib, dan khususnya soal keamanan. Apakah Trump atau Hillary yang akan menjadi presiden, tentunya keamanan mobilnya nanti tak akan jauh berbeda dengan mobil-mobil kepresidenan Barack Obama, yang dikenal dengan sebutan The Beast yaitu Cadillac One.

Jika melihat mobil Obama, seperti dilansir Leflanews, beliau disuguhkan sedan mewah keluaran General Motors (GM) yang memiliki desain Limousine dan dibenamkan spesifikasi khusus, sehingga dapat melindungi sang presiden. Maka tak heran jika mobil presiden AS semuanya berlapis baja. Bahkan tahan terhadap serangan roket sekalipun.

Fitur canggih

Limousine yang digunakan Obama sangat kuat, karena menggunakan delapan lapis pelat baja setebal delapan inci dan berat pintunya seperti sebuah pintu pesawat Boeing 757. Maka, standar ini tak mungkin dikurangi untuk presiden baru AS yang nanti digunakan Trump atau Hillary.

Di bagian jendela, kacanya dibekali antipeluru yang memiliki lima lapisan dengan tebal lima inci. Ban juga tak luput dari perhatian, karena antibocor, tak mudah sobek atau pecah. Jika ban lapisan luar sobek, maka ban ini secara otomatis akan mengeluarkan lapisan baru.

Bagian kolong mobil juga tak luput dari perhatian, karena dilengkapi dengan lapisan penahan benturan dan busa khusus agar mencegah meledaknya tangki, meskipun mendapat benturan dan tembakan langsung.

Karena banyak menggunakan bahan baja, bobot mobil presiden sangatlah berat. Bahkan, untuk The Beast bobotnya hampir 10 ton. Mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer dengan hanya membutuhkan waktu 15 detik. Namun konsumsi bahan bakar cukup boros yaitu sekitar delapan mil per galon.

Mobil Obama

Penembakan Presiden John F Kennedy, menjadi salah satu pembelajaran keamanan Secret Service AS. Mereka akhirnya membekali perangkat keamanan seperti pemadam kebakaran, tangki oksigen, tabung gas air mata, senapan, peluncur granat, hingga tabung berisi kantung darah.

Bagian kabin memiliki kapasitas empat orang dan hanya presiden yang punya akses membuka kaca. Ada pula tombol panik yang bisa ditekan presiden jika ada masalah keamanan dan bisa terkoneksi langsung ke wakil presiden dan Pentagon.

Pada bagian ruang kemudi juga telah dilengkapi pelacak GPS dan pusat komunikasi pada bagian dashboar. Untuk menjadi pengemudi mobil presiden, bukan sembarang orang. Karena mereka harus lebih dahulu mendapat pelatihan khusus oleh CIA, dan mampu menghadapi situasi keamanan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP