Trump Menang Pilpres AS, Pabrikan Mobil Jerman Cemas

Pabrik BMW Welt, Munchen.
Sumber :
  • Bimmerfest

VIVA.co.id – Pemilihan Presiden Amerika Serikat baru saja usai. Jagoan Partai Republik, Donald Trump, berhasil mengungguli pesaingnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Terpilihnya Trump membuat dunia terhenyak. Pria yang terkenal suka membuat kontroversi itu tidak disangka bisa mengambil hati rakyat AS.

Terpilihnya Trump sebagai Presiden AS ke-45 ternyata menimbulkan kekhawatiran dari beberapa pabrikan mobil asal Jerman.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Dilansir dari Carscoops, Kamis 10 November 2016, asosiasi industri otomotif Jerman VDA menyatakan kecemasan mereka terhadap kebijakan yang akan diambil Trump, saat ia resmi memangku jabatan sebagai Presiden AS tahun depan.

Asosiasi yang beranggotakan BMW, Daimler dan Volkswagen Group itu mengatakan, di bawah pimpinan presiden baru, AS akan memusatkan pembangunan ekonomi dari dalam negeri saja.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Artinya, perdagangan dan hubungan baik dengan negara-negara lain mungkin tidak akan jadi prioritas utama. Hal ini tentu memicu turunnya penjualan produk-produk otomotif Jerman yang dijual di AS.

Asosiasi itu juga mengatakan, ada kemungkinan AS akan menerapkan pajak tambahan untuk setiap produk yang diimpor dari luar negeri. Hal itu tentu bakal berdampak pada tidak kompetitifnya harga jual mobil asal Jerman di negara tersebut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya