TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Wisata Gratis di Lampung Bersama Datsun

Ini merupakan bagian dari Datsun Risers Expedition 2.
Wisata Gratis di Lampung Bersama Datsun
Datsun Risers Expedition 2 di Lampung (VIVA.co.id/Yunisa Herawati)

VIVA.co.id – Datsun Risers Expedition 2 yang digelar Datsun Indonesia memulai menjelajah wilayah Lampung, Jumat 11 November 2016.

Perjalanan pertama, risers sebutan pengguna mobil Datsun, mengunjungi Museum Lampung yang terletak di Bandar Lampung. Museum tersebut menyimpan berbagai benda-benda peninggalan sejarah yang ada di daerah Lampung.

Saat kunjungan VIVA.co.id beserta rombongan lainnya, disambut tarian Sigeh Pengunten, yakni sebuah tradisi penyambutan tamu agung ala Lampung.

Museum tersebut memiliki dua lantai, yang pertama berisi benda-benda sejarah dan lantai dua merupakan benda-benda kebudayaan masyarakat Lampung.

"Di sini ada tujuh unsur kebudayaan yang dilaksanakan orang Lampung tempo dulu sampai sekarang, yaitu proses upacara kelahiran, masa anak-anak, remaja, perkawinan, kebudayaan, gelar, adat, dan upacara kematian," kata Staf Teknisi Museum Lampung, Komariah sebagai pemandu.

Ada yang menarik dari museum ini, yakni pengunjung dibebaskan biaya masuk alias gratis. Sebab, biaya pemeliharaan museum itu telah ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Bandar Lampung. Berdasarkan pantauan, museum itu terawat dengan baik.

Museum Lampung ini mulai dirintis pada 1975, kemudian mulai dibangun 1978 hingga 1979. Dan diresmikan 24 September 1988. "Diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Bapak Fuad Hasan," ujarnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP