Penjualan Mobil Tahun Ini Diprediksi Tembus Satu Juta Unit

IIMS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Penjualan kendaraan bermotor roda empat terlihat menurun sampai dengan April 2016 lalu. Namun, memasuki akhir semester, penjualan mobil tampak mulai bergairah.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Indonesia, selama Januari hingga September 2016, penjualan wholesales (pabrik ke diler) mencapai 783.450 unit. Pada September 2016 lalu, penjualan mencapai 93.136 unit. Angka ini naik tipis dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, yakni 93.038 unit.

Hal ini sontak membuat Gaikindo optimistis, penjualan hingga akhir tahun dapat mencapai 1,05 juta unit.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Menurut Sekjen Gaikindo, Kukuh Kumara, angka tersebut merupakan jumlah penjualan secara keseluruhan, yang didapat dari para agen tunggal pemegang merek di Indonesia.

Angka ini diharapkan akan lebih tinggi dari tahun lalu, yang hanya tercatat 1.013.000 unit. Meskipun pasar saat ini sedang lesu.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

“Penjualan mudah-mudahan sesuai target. Meskipun agak berat memang, karena kita punya waktu hanya sebulan. Tapi, mudah-mudahan bisa,” ujar Kukuh di Jakarta Pusat.

Untuk saat ini, penjualan terbesar masih didominasi oleh mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC), yang mencatatkan penjualan sebanyak 20 persen.

"LCGC itu menarik. Karena, memiliki porsi 20 persen dalam waktu singkat. Tapi, ya itu, daya belinya di sekitaran itu saja," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya