Musim Hujan, Empat Komponen Mobil Ini Butuh Perhatian Khusus

Jakarta diguyur hujan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Saat musim hujan, bukan hanya manusia yang butuh perhatian khusus agar kondisi badan tetap prima dan tak mudah sakit. Kendaraan bermotor, termasuk mobil, juga butuh perhatian sehingga hal yang tak diinginkan dapat dihindari.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Nah, berikut ini tips yang diberikan Griselda Iwandi, Divisi Automotive Aftermarket Bosch Indonesia. Menurut Griselda, ada beberapa komponen mobil yang membutuhkan perhatian dan perannya sangat vital di musim hujan.

Keempat komponen itu adalah lampu, kampas rem, klakson, dan aki. Kata dia, empat komponen tersebut memegang peranan penting untuk keselamatan dalam berkendara di musim penghujan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Lampu sangat penting, karena yang tentukan jarak pandang saat mengemudi, apalagi saat hujan penglihatan terbatas. Maka selain pengecekan, pemilihan cahaya lampu juga penting," ujar Griselda kepada VIVA.co.id.

Ia mengatakan, selain lampu utama ada juga kampas resm yang harus diperiksa. Kata dia, pastikan kampas rem masih dalam kondisi prima dan cek secara rutin ketebalan kampas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Pengecekan rem guna meminimalisir potensi selip secara tiba-tiba dalam perjalanan saat turun hujan," katanya.

Ia juga menyarankan, atur jarak dengan mobil depan saat pengereman sedikit lebih jauh dari biasanya. "Memberikan ruang pengereman yang lebih aman jika harus berhenti mendadak kala hujan," sambung Griselda.

Bukan hanya itu, klakson yang menjadi tanda peringatan juga butuh perawatan. Kata dia, saat hujan dan kondisi jalanan yang lebih tidak terduga, pengguna jalan bisa mudah teralihkan konsentrasinya.

"Kualitas suara klakson yang maksimal bisa membantu menyadarkan pengendara lain agar tetap berhati-hati. Pun dengan aki, karena komponen ini sebagai sumber kelistrikan dan perlu diperhatikan kondisinya," kata Griselda.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya